Webserver dan Email dalam satu mesin bagus juga. Mudah dalam hal pengendalian
dan juga tidak repot. Tapi hal ini perlu dilihat berapa user accounts yang
ada di dalamnya ? Seberapa aktif account user tersebut terhadap lalu lintas
emailnya ?
Kalau cuma 1 - 10 account user personal, worth it banget pake 1 mesin.
Karena biasanya account personal lalu lintasnya masih jarang.

Coba dipantau dari processor usage, memory usage, bandwidth usage dari si
server tersebut. Dari situ bisa dianalisa apakah 1 mesin server masih sanggup
untuk menghandle 2 service tersebut jadi satu atau sudah kewalahan.

- Rio.Martin -