On Mon, Jan 08, 2007 at 02:26:19PM +0700, A r y a S e t a wrote:
> [...]
> boleh internetan mulai jam brp sampe jam brp, siapa aja yg boleh internetan
> dll
> Dan saya saranin pake linux + squid (acl yg saya sebutkan itu kan bisa di
> handle ma squid)
> Nah, menurut saya sih topologinya jadi begini :  internet --- adsl --- Squid
> ---- switch ---- client (bener nggak?) nah klo bener, pemberian ip nya gmn?
>
> Nah network yg skrg itu, menggunakan 192.168.10.100 buat gateway (ip nya
> modem adsl)
> Jadi user skrg itu penomoran ipnya misalnya begini :

Mengapa modem adsl-nya tidak dijadikan mode bridge saja ?
Untuk caranya bisa baca2 blog saya:
  http://awarmanff.wordpress.com

Jadi nanti ada router linux yg berfungsi sebagai proxy dg ip internal
192.168.10.100. Kalau dah konek adsl-nya bisa dpt ip publik.

Saya sendiri di kantor pakai speedy personal, koneksinya dibagi
untuk 6 client. Saya tidak pakai acl, cuma pakai bandwidth & quota
management. Karena personal dpt jatah 1000MB, dibuatkan alokasi
quota bandwidth harian rata2, kira 40 MB/hari, tapi ini dinamik,
kalau alokasinya ndak dipakai penuh hari ini, maka sisanya akan
diakumulasikan ke quota yg belum terpakai, jadi quota harian
besok akan lebih besar. Saat alokasi harian sudah mendekati 70%,
maka koneksi client diperlambat, bahkan cuma bisa 8kbps.

Lumayan sudah beberapa bulan jalan, cuma kelebihan bayar 40 ribu.
Makainya mentok quota terus ...

> NB: Nantinya user2 ini akan "dipaksa" menggunakan proxy itu (transparent),
> jd acl bisa diterapkan dengan baik.
>
> Atau ada cara laen, yg pasti nih kantor pingin menggunakan proxy, yang mana
> seluruh user "HARUS" menggunakan proxy itu, yang mana di proxy itu nanti ada
> management acl nya.

Yah, kalau mau sewa jasa IT, saya bisa kok :-)

Di sini saya punya komputer yg 3 tahun mangkrak di rumah ndak
terpakai, Pentium 233 MMX/32MB/HD 3G, saya instal slack 10 sebagai
router speedy, pakai bandwidth & quota management, ndak pakai proxy,
saya pasang di kantor cabang asuransi, tiap bulan dpt masukan untuk
biaya maintenance :-)
Sebelum saya tawarkan router tsb, orang asuransi takut pakai speedy
krn takut jeblok tagihannya gara2 over quota. Dg proxy speedy
dijamin bisa keliatan hari ini sudah habis berapa quotanya,
hmm masih ada sisa cukup besar, download video atau lagu ...
Di client (windows) apa aplikasi visual, bisa dikatakan kayak
access control (kalau ndak dienable ndak bisa makai internet),
yg menampilkan trafik realtime speedy (upstream dan downstream)
dan pemakaian bandwith harian serta bulanan speedy. Bedanya dg
punya hitungan telkom, selisih kira2 4% - 5%.

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~