On 5/26/07, Arief Yudhawarman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Hai milisers,

Ada rekan yg punya pengalaman di mana clamd (clamav antivirus daemon)
memakan resource cpu yg besar > 90% ? Di sini saya lihat pakai top:

  PID USER     PRI  NI  SIZE  RSS SHARE STAT %CPU %MEM   TIME CPU COMMAND
  800 clamav    17   0 27464  26M   772 R    97.1  7.2 109:38   0 clamd

Padahal servis2 yg pakai clamd sudah saya disable atau matikan, seperti
postfix sementara ini tidak pakai clamav, kemudian proxy safesquid
saya matikan. Saya tunggu lama juga ndak ngaruh, maksudnya proses
makan resource cpu ini akan tetap besar (>90%) kecuali jika clamd
distop, tunggu sesaat dan distart. Saat resource cpu dikuras oleh clamd
maka service yg mengandalkan clamav seperti safesquid (proxy antivirus)
akan lamban kinerjanya atau bahkan mampet, efeknya browsing lama sekali.

Saya kuatir ini karena ada bagian dr komputer yg defect, maklum komputer
rakitan, bukan bermerek. Lagian tidak ada log sama sekali yg bisa diamati
untuk kasus ini.

# cat /etc/clamav/clamd.conf
LogFileMaxSize 5M
LogTime yes
PidFile /var/run/clamav/clamd.pid
TemporaryDirectory /var/tmp
LocalSocket /var/run/clamav/clamd
FixStaleSocket yes
MaxConnectionQueueLength 30
MaxThreads 30
SelfCheck 3600
User clamav
ScanArchive no

# cat /proc/cpuinfo
processor       : 0
vendor_id       : GenuineIntel
cpu family      : 15
model           : 3
model name      : Intel(R) Pentium(R) 4 CPU 2.40GHz
stepping        : 3
cpu MHz         : 2397.982
cache size      : 1024 KB
fdiv_bug        : no
hlt_bug         : no
f00f_bug        : no
coma_bug        : no
fpu             : yes
fpu_exception   : yes
cpuid level     : 5
wp              : yes
flags           : fpu vme de pse tsc msr pae mce cx8 apic sep mtrr pge mca cmov
pat pse36 clflush dts acpi mmx fxsr sse sse2 ss ht tm pbe pni monitor ds_cpl cid
bogomips        : 4784.12

Kejadian ini sudah sering terjadi, hampir tiap hari malah.

Anehnya di beberapa komputer yg saya install tidak terjadi masalah spt ini
(juga dg servis yg sama: postfix dan safesquid yg support clamav).

Solusi lain adalah install ulang clamav dan mungkin nanti downgrade servernya
ke IBM P-III/128MB.

Just share pengalaman.

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~

:)

1 clamav buat squid ama proxy ? 'WOW'

tapi sebenere tergantung juga sih dari pemakaian, kalo yang pake squid
banyak ato postfix banyak, tentu aja kerjanya clamd juga banyak...

o iya, antivirus biasanya nyecan emang pake resource CPU ...

jadi wajar mas...

--
…next Mandriva Linux be made by a member of the community…

check out

bayu - mandriva - other Linux at http://bayuart.wordpress.com