Bernard Adytia Darmadi wrote:

> nah ini problemnya, kenapa pake clam bilang ngga ada apa - apa tapi
> dengan bbrp antivirus lain bisa detect, apa ini karena pihak clam
> kurang update dalam definition virusnya (padahal untuk update
> definitionnya udah aku schedule jadi tentunya udah yang paling baru)

haha.
sorry bukan flaming.
jgn get defensive dulu.
cuma klarifikasi saja. coba cek aja.
cron job untuk scheduling task.
sedang anti-virus spt clamav tidak di invoke melalui cron.
kalau anda tancap flash disk dan di detect ada virus, itu dari kernel
akan invoke program virus scanner (spt clamav).
kalau freshclam memang untuk update virus definition dan di invoke
melalui cron.
saya ga bilang saya paling tahu soal ini. tapi secara concept tidak
memungkinkan untuk memasukkan scanner ke dalam cron.
rasanya selama saya mengikuti opensource-ware (spt clamav), concept2
yang di pakai tidak melenceng terlalu jauh antara
satu software dengan lainnya.
mungkin ada yang lain bisa klarifikasi.

anda harus cek log freshclam untuk mencari tahu update/tidak.
dan walaupun sudah di schedule, masih ada banyak faktor yang bisa
membuat definisi terakhir tidak terdownload.