On Thu, Aug 09, 2007 at 03:23:32PM +0700, Diastama wrote:
> Saya juga punya pengalaman yang hampir sama...
> singkatnya ;
> pertama konfigurasinya maksudnya urutan warna kabelnya mesti sesuai
> standard dan setahu saya warna standardnya adalah ;
>     1 = putih orange
>     2 = orange
>     3 = putih hijau
>     4 = biru
>     5 = putih biru
>     6 = hijau
>     7 = putih coklat
>     8 = coklat
> Kalo menggunakan konfigurasi tersebut seharusnya sudah bisa connect.
> [...]

Baiklah saya juga sharing pengalaman, moga2 berguna.
Saya tidak tahu apakah kabel UTP yg sudah digelar sepanjang berpuluh2
meter itu asli atau palsu, tapi kalau kabelnya dimasukkan ke port
ethernet laptop, signal tdk terdeteksi. Anehnya, ini benar2 aneh,
jika kabel yg panjang tsb saya sambungkan dg kabel pendek 1m (saya
peroleh dr box access point, biasanya disediakan kabel pendek biru
dg kualitas yg bagus) lalu ujung kabel pendek satunya saya masukkan
ke laptop, signal bisa kedetek. Tidak hanya laptop, komputer pun
juga tidak bisa detek, kecuali saya sambungkan dg kabel pendek tsb.
Konektor yg saya gunakan, konektor RJ45 to RJ45, tidak ada komponen
elektronik di dalamnya kecuali kabel2 kecil yg saling menyambung.

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~