On 9/24/07, Achmad Mardiansyah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> thanks buat commentnnya...
>
> saya udah baca artikel AoE di linux-mags, sangat menarik...
> intinya, harddisk yang terhubung langsung ke network, menggunakan teknologi
> layer 2 saja.
> tidak ada IP address yang di-assign ke harddisk tsb.

tidak hanya harddisk full, satu partisi maupun satu buah disk image
juga bisa di export ke network

> yang saya ingin tanyakan:
> harddisk AoE tuh seperti apa? saya belom pernah liat soalnya.
> apakah bisa kita buat sendiri? ato memang sudah ada template PCB+eth port,
> sehingga langsung tancep harddisk & plugin RJ45

harddisknya ya sama saja.. gak ada yg khusus kok. cuma modal nginstal
software tambahan aja.

ini contekan dari peternakan kambing..

== di mesin yg akan meng-export harddisk ==

1. install paket vblade
2. export disk dengan perintah

vbladed 0 0 eth0 /dev/hdb

itu artinya meng-export /dev/hdb ke eth0 dan dikasih identifier 0.0
(major.minor)

== di mesin yg akan me-mount harddisk ==

1. instal paket aoetools
2. jalankan aoetools, /etc/init.d/aoetools start
3. tunggu bbrp waktu.. gak nyampe 2 menit
4. silakan lihat /dev/etherd/e0.0

nah e0.0 itu muncul scr otomatis krn ada yg meng-export device dengan
identifier 0.0

lalu /dev/etherd/e0.0 tinggal diformat dan dimount seperti biasa.. krn
itu dikenali sbg block device.

simple kan?

--
Iang-