Hermann Golden wrote:

>  MAAF, BETUL, SAYA INSTALL DULU DRIVER-NYA DI WINXP

>   SAYA PAKE YANG USB , MODEL KELUARAN TERBARU, BENTUKNYA MIRIP HP ,
> ADA TULISAN at&t USBConnect 881 3G, Sierra Wireless, gambarnya ada di
> sini
> http://www.phonearea.net/wp-content/themes/default/pictures/bluetooth_usb/2007/q4/att_usbconnect_881.jpg
> TOLONG YA MAS-MAS, SAYA JADI GAK KONSEN KERJA KALAU MASALAH INI BELUM
> BERES, RASANYA ADA SESUATU YANG MENGGANJEL TERUS.
>
> THANKS

Sebelum menancapkan modem, coba dimonitor dulu isi /var/log/messages.
Kalau menggunakan ubuntu, klik System > Administration > System Log.

Setelah itu tancapkan modem, lalu lihat perubahan yang muncul di
/var/log/messages. Kalau saya pakai Sierra Wireless 875 (PCMCIA), ini
yang muncul, (saya tampilkan tiga baris terakhir yang penting saja) :

Sep 24 18:36:09 hantulab kernel: [  157.197995] usb 6-1: new full speed
USB device using ohci_hcd and address 2
Sep 24 18:36:09 hantulab kernel: [  157.357289] usb 6-1: configuration
#1 chosen from 1 choice
Sep 24 18:36:09 hantulab kernel: [  157.359514] sierra 6-1:1.0: Sierra
USB modem (3 port) converter detected
Sep 24 18:36:09 hantulab kernel: [  157.363062] usb 6-1: Sierra USB
modem (3 port) converter now attached to ttyUSB0
Sep 24 18:36:09 hantulab kernel: [  157.363148] usb 6-1: Sierra USB
modem (3 port) converter now attached to ttyUSB1
Sep 24 18:36:09 hantulab kernel: [  157.363202] usb 6-1: Sierra USB
modem (3 port) converter now attached to ttyUSB2

Untuk melakukan koneksi, saya membuat file /etc/chatscripts/indosat3g
yang isinya:

ABORT           BUSY
ABORT           VOICE
ABORT           "NO CARRIER"
ABORT           "NO DIALTONE"
ABORT           "NO DIAL TONE"
ABORT           "NO ANSWER"
ABORT           DELAYED
""              ATZ
'OK'            'AT+CGDCONT=1,"IP","indosat3g"'
TIMEOUT         10
OK-AT-OK        "ATDT*99***1#"
CONNECT         "\d\c"

lalu file /etc/ppp/peers/indosat3g yang isinya:

hide-password
noauth
connect "/usr/sbin/chat -v -f /etc/chatscripts/indosat3g"
debug
/dev/ttyUSB2
460800
defaultroute
noipdefault
user "indosat"
usepeerdns

Saya menggunakan device /dev/ttyUSB2 seperti yang muncul di
/var/log/mesages. Ada tiga sebenarnya yaitu ttyUSB0, ttyUSB1, dan
ttyUSB2. Setelah saya coba2, hanya ttyUSB2 yang bisa digunakan untuk
koneksi. Contoh diatas saya menggunakan koneksi indosat 3G. Sesuaikan
setting APN di file /etc/chatscripts/<nama-koneksi> dengan APN kartu
Anda, dan setting username di file /etc/ppp/peers/<nama-koneksi>.

Untuk password, tambahkan di file /etc/ppp/pap-secrets, formatnya :
"<username>"    *       "<password>"
contoh:
"indosat"       *       "indosat"

Untuk melakukan koneksi, ketikkan perintah:
$ sudo pon <nama-koneksi>

<nama-koneksi> disesuaikan dengan nama file di direktori /etc/ppp/peers/
yang dibuat diatas.

Kalau ingin menggunakan wvdial, ini contoh konfigurasi /etc/wvdial.conf:

[Dialer Defaults]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = Analog Modem
Baud = 460800
New PPPD = yes
Modem = /dev/ttySL0
ISDN = 0

[Dialer indosat3g]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = AT+CGDCONT=1,"IP","indosat3g"
Password = indosat
Phone = *99***1#
New PPPD = yes
Modem Type = USB Modem
Stupid Mode = 1
Baud = 460800
Auto DNS = on
Modem = /dev/ttyUSB2
ISDN = 0
Username = indosat
Auto Reconnect = On

Untuk melakukan koneksi, ketik perintah:
$ sudo wvdial indosat3g

Untuk tahu apakah koneksi telah berhasil atau tidak, coba lihat dengan
perintah:
$ sudo ifconfig ppp0
$ sudo route -n
$ sudo ping www.google.com