gunartha.nyoman wrote:

> maaf..
> saya baru banget belajar pakai mandriva
> ada yg bisa kasih saran gak dimana saya bisa seting samba dan firewall
> agar saya bisa pakai printer network
>
> Terima kasih
> Nyoman Gunartha

untuk mengubah setting firewall, buka MCC.
menu -> tools -> system tools -> configure your computer (masukkan
password root).
pilih security -> set up your personal firewall. chek mark pada "windows
files sharing (SMB)". atau sekalian saja pilih everything (no firewall)
untuk meyakinkan tidak ada blok-blokan.
untuk menshare printernya pilih menu -> tools -> system tools ->
printing (masukkan password root). pastikan printer yg di install sudah
terlihat di windows printer configuration. klik kanan printernya ->
Enabled dan Shared diaktifkan.
saya gunakan printer yg disharing di mandriva 2009 dari opensuse 11.0.
printer berhasil digunakan.
pastikan juga juga service cups dan smb-nya sudah berjalan.
semoga membantu.