harlen gultom wrote:
gunartha.nyoman wrote:
A. Yahya wrote:
2008/11/10 gunartha.nyoman <[EMAIL PROTECTED]>:
Saya sudah coba dgn klik browse di menu add printer, tapi muncul
pesan error
:
"There wre no print share found. Please check that the Samba service is
marke trusted in your firewall configuration.
To do this select system -> Administration ->Firewall from this main
menu"

Saya coba cari menu system -> Administration ->Firewall belum
ketemu-ketemu.

Gimana lagi ya caranya ..?

Catatan : kalau di ubuntu tombol browse saya klik langsung muncul
printer-printer yg di share di komputer lain.

Kalau di Fedora/RH, Samba biasanya diblok oleh 'selinux'. Saya tidak
tahu, apa di mandriva selinux juga aktif. Kalau ya, coba distop saja
dulu, atau yang berkaitan dengan samba di-allow saja.

Yaya

maaf..
saya baru banget belajar pakai mandriva
ada yg bisa kasih saran gak dimana saya bisa seting samba dan firewall
agar saya bisa pakai printer network

Terima kasih
Nyoman Gunartha

untuk mengubah setting firewall, buka MCC.
menu -> tools -> system tools -> configure your computer (masukkan
password root).
pilih security -> set up your personal firewall. chek mark pada "windows
files sharing (SMB)". atau sekalian saja pilih everything (no firewall)
untuk meyakinkan tidak ada blok-blokan.
untuk menshare printernya pilih menu -> tools -> system tools ->
printing (masukkan password root). pastikan printer yg di install sudah
terlihat di windows printer configuration. klik kanan printernya ->
Enabled dan Shared diaktifkan.
saya gunakan printer yg disharing di mandriva 2009 dari opensuse 11.0.
printer berhasil digunakan.
pastikan juga juga service cups dan smb-nya sudah berjalan.
semoga membantu.

Terima kasih semua atas bantuannya
sekarang mandriva saya udah bisa ngeprint

salam
nyoman gunartha