Memang Linux tuh butuh tuning yang banyak setelah fresh install. Kalau
dibiarkan saja, bisa gak awet komputer kita, terutama yang install di
laptop, karena LCD brightness kadang di-set ke full/paling terang, BT
dan WiFi menyala secara default, dan yang paling sensitif adalah Power
Management-nya, hati2, bisa2 CPU dipanteng 100% terus tanpa
sepengatuhan kita, kalau di laptop bisa fatal.

Justinus