2009/2/25 Samuel Sappa <cihuy...@gmail.com>:

> Sebelumnya terima kasih banyak buat replynya,
> Ya, yang saya maksud update jika ada bug dan update security, terus
> terang saja selama ini saya agak kurang concern mengenai masalah
> security, yaitu dalam hal update dan pacth untuk aplikasi2 yang ada
> pada linux.
>
> Cuma apakah di ubuntu maupun distro yang lainnya ketika kita
> menjalankan perintah untuk update sistem langsung scan dan menyarankan
> aplikasi apa saja yang musti kita update atau patch, atau langsung
> terinstall update atau pacthnya, soalnya selama ini saya menggunakan
> [...]

Mungkin Anda membandingkan dengan aplikasi yang melakukan scan untuk
mencari tahu celah/lubang keamanan berdasarkan data yang mereka punya.

Di Ubuntu atau distro lainnya, proses update paket tidak melakukan
itu. Proses update disini lebih kepada membandingkan versi yang
terinstall, dengan versi terbaru yang mereka rilis. Jika versi yang
terinstall lebih rendah/lama dari versi yang ada di repository update,
maka akan diperintahkan instalasi versi terbaru.

Soal apakah itu sudah solve masalah celah keamanan, harus dicek dulu
catatan rilis paket tersebut (atau di changelognya).

Btw, tidak ada yang otomatis. Masalah security juga bukan semata-mata
karena ada bugs di aplikasi, tapi kadang salah konfigurasi di sisi
pemakai.

Cecep