2009/3/11 Adi Nugroho <a...@internux.co.id>:

> Biasanya, kalau kita cerita tentang "backup MX", maksudnya adalah "secondary
> MX"
> Maksudnya, kalau mail server utama lagi down atau koneksi internetnya
> terputus, maka backup MX akan menerima mail untuk sementara, dan akan
> mengantarnya ke mail server utama kalau sudah up lagi.

> Yang ini biasanya disebut sebagai "backup" saja, atau kadang disebut
> "filesystem backup".
> tentu saja sebaiknya memang dibuat juga.

> Kalau mail server cuman satu, dan kebetulan server itu lagi down, atau koneksi
> [...]
Ya mas adi, trimakasih atas sharenya..berarti yang bisa saya lakukan
'filesystem backup' berikut juga mx backup.

Trus ada lagi nih tentang backup-membackup, kalau seumpama saya bikin
replika dari server remote. Replika ini mencakupi semua, Jadi
service-service semua (termasuk cyrus,postfix,amavis,mysql) dari
server remote identik sama dengan configurasi di server replika.

Untuk mysql sudah pernah saya lakukan, yang jadi pertanyaan. Apakah
mungkin untuk postfix main.cf di postfix di server replika harusnya
sama dengan server remote kah?, padalah saya ingin menambahkan
secondary mx diserver replika ini.