2009/3/12 Adi Nugroho <a...@internux.co.id>:

> Kalau mau jadi backup MX, maka main.cf tentu berbeda dengan di server utama.
> Jadi si filesystem backup mesti ditaruh di direktori lain, yang segera bisa
> dikopi ke tempatnya yang benar jika dibutuhkan.
>
> Kalau mau bikin replika yang sama persis, bisa pakai linux-ha.
> Dia jadi online backup yang tangguh, tapi (setahu saya) tidak bisa merangkap
> sebagai backup MX.
>
> Cara lain, si server jalan sebagai virtual server di xen.
> Jadi kita selalu backup image-nya.
> Pas dibutuhkan, kita cukup merestore si image dan jadi replika yang tepat sama
> [...]
Cara ini sih memang enak, namun mengingat untuk install xen di Server
rasanya butuh reboot dan ini memaksa client tidak bisa memakai email.
Wah bisa2 di kroyok orang se indonesia nih...hihihihi.
> Banyak jalan ke roma, dengan keuntungan dan kerugian masing masing .
Hm...kayaknya alternatifnya  yang enak sih memang linux-ha, kerja bisa
nyantai ga diuber2 user.
Clustering active / active mantab juga linux-ha ya mas adi.
Fail over pake linux-ha bisa kan?. jadi ga perlu backup MX deh rasanya
ya mas adi?.

trims sebelumnya..