2009/3/12 Adi Nugroho <a...@internux.co.id>:

> Sebaiknya kita tetap punya backup MX.
> Lebih baik lagi kalau si backup MX tersebut ada di lokasi yang berbeda dengan
> jaringan yang berbeda.
> Jadi kalau pas di tempat kita internet tidak sengaja putus, masih ada backup
> MX di seberang lautan sana yang menerima mail kita.
>
> Oh ya, walaupun secara teoritis mail server pengirim akan secara default
> mengirim ke mail server utama kalau mail server utama hidup, dan hanya
> mengirim ke backup mx kalau primary mx macet, kadang saya lihat ada mail yang
> tetap masuk lewat backup MX walau si primary MX hidup.
> [...]
Yup, berarti saya harus siapkan juga backup mxnya.
Oh yah, saya baru baca-baca linux-ha, udah ada fasilitas fail-over.
Saya sih belum pernah menerapkan. Dengan fail-over ini kan semestinya
sudah cukup untuk mengganti primary server?. Adakah teman-teman yang
sudah mencoba memakai motode ini secara mulus fail-overnya?.