Mamad wrote:
> Pagi teman-teman linuxer...
> Saya newbie. saya barusan install ubuntu dual os dengan windows. saya
> ada beberapa pertanyaan, mohon advicenya :
>
> 1. Urutan partisi.
> Saya install ubuntu menjadi 4 partisi (5 dengan swap) yaitu root, boot,
> home, dan opt. Ketika membuat partisi, urutan yang  saya buat yaitu
> boot, opt, home, root.
> Pertanyaan saya : Apakah ada 'ilmunya' untuk membuat urutan pembuatan
> partisi dari root sampai dengan swap? Dan  apakah ada kekurangan /
> kelebihan dengan pengurutan tersebut?

kalo untuk Desktop, menurut saya cukup / (root) untuk system dan /home
untuk konfigurasi personal dan simpan2 file (bisa untuk nyimpan film
porno juga).

kalo untuk server, memang ada bagusnya membagi ke partisi, misal
memisalnya partisi /boot dengan ext2 sebagai default systemfile kernel
linux dengan ukuran maksimal 150 MB (kalo kernel image lebih gede dari
ini, bisa dicurigai isinya apaan ya). /home server dengan kapasitas
besar agar bisa melayani jumlah user yang banyak.

swap tidak dibutuhkan untuk desktop bila ram anda minimal 1 GB, maksimal
ukuran swap 512 MB untuk desktop dan biasanya akan dipakai tidak lebih
dari 400 MB.

kelebihan menggunakan partisi sedikit (2 partisi) lebih praktis dan
system lebih cepat bergerak, kekurangannya kalo system sibuk, semua
terpengaruh. Kelebihan banyak partisi, kita bisa memindahkan file/folder
ke pastisi lain sementara partisi asal diformat ulang, kekurangannya
system jadi kurang cepat (tingkat cepat dan tidak cepat tidak akan bisa
dirasakan user karena berada dalam satuan milidetik)

ilmu untuk mengerti pastisi, adalah rajin mengikuti milis tanya-jawab,
tidak menjawab one-liner, tidak jorok posting, bersikap sopan. maka ilmu
pengetahuan tentang partisi anda akan banyak bertambah. Untuk jalan
pintas, coba cari buah kelapa warna kuning, dipetik setelah pukul 1600,
dibuka dan diminum airnya sambil menghadap ke arah matahari terbenam,
jangan lupa hentakkan kaki ke bumi tujuh kali dan pakailah sandal
(menjaga kalo ada pecahan kaca atau paku, telapak kaki tidak tertusuk)

untuk jalan pintas lain, cobalah cium tangan Onno "Wajanbolic" Purbo :=))

> 2. Kernel di partisi /boot
> Partisi /boot besarnya 100 dan sekarang sudah 3x update versi kernel. Di
> partisi tsb saya ada beberapa jenis file yang sama yaitu : abi, config,
> initrd.img, system.map, vmcoreinfo, dan vmlinuz dengan beberapa versi
> yang berbeda (sesuai versi kernel). Pertanyaan saya : kalo saya hapus
> file-file tersebut (untuk versi kernel yang lama) berbahaya apa endak?

Jangan dihapus manual, pakai saja perintah $ sudo aptitude remove
linux-image-VERSI-KERNEL-YG-INGIN-DIHAPUS <enter>

> 3. Boot di ubuntu
> Kalo pengen tau konfigurasi dual boot tersbt, grubnya diletakkan di
> partisi yang mana gimana ya ?

grub diletakkan di MBR, biasanya grub sudah sangat cerdas dan mengerti
dimana harus menempatkan diri.

Bila anda pakai ubuntu, brarti anda sudah memakai distro linux paling
yahuud didunia,

salam
./sts