On Tuesday 24 March 2009 16:45:21 Donny Kurnia wrote:
> Wah, kok bisa berkesimpulan urutan menentukan hasil? :D
> Bikin partisi ya bikin aja. Partisi kan ibaratnya sekat yang membatasi
> ruangan yang besar. Ga ada pengaruhnya yang mana duluan yang dibuat.

Aku test di beberapa komputer, ternyata kecepatan akses di awal harddisk lebih
cepat daripada di akhir harddisk. Perbedaannya cukup signifikan. Di awal
partisi bisa hampir 2 x lipat dari kecepatan dia khir partisi.

Jadi, urutan ada efeknya juga.
Partisi yang ada di awal harddisk akan diakses lebih cepat daripada partisi
yang di belakang.

Saran saya, partisi yang sering diakses (misalnya / ), atau kecepatan aksesnya
sangat menentukan performa sistem (misalnya squid-cache atau swap saat
terpakai) diletakkan di awal harddisk. Sebaliknya yang jarang diakses bisa
diletakkan di akhir harddisk.

--
Salam,

Adi Nugroho - http://adi.internux.co.id/
iNterNUX --- http://www.internux.net.id/
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535 GSM:+62-816-27-9193