Wah, kok bisa berkesimpulan urutan menentukan hasil? :D
Bikin partisi ya bikin aja. Partisi kan ibaratnya sekat yang membatasi
ruangan yang besar. Ga ada pengaruhnya yang mana duluan yang dibuat.

Hanya saja, aplikasi partisi membuat partisi berurutan, baik dari awal
disk, maupun akhir disk. Mau /dev/sda6 jadi boot, atau jadi home, atau
jadi / ga ada pengaruhnya. Yang berpengaruh hanya urutan pembuatan,
mesti dari akhir partisi yang telah ada ke arah bagian disk yang masih
'Unpartitioned'. Anda ga akan bisa bikin partisi di tengah2 bagian
'Unpartitioned', kalaupun bisa, ga ada manfaatnya.

Rencanakan partisi dengan baik, mengantisipasi keperluan di masa depan.
Kalau memang butuh pertisi terpisah untuk opt, home, dan usr,
pertimbangkan menggunakan LVM.

--
Donny Kurnia
http://hantulab.blogspot.com

Saya tidak membuat kesimpulan pak. Apa masih kurang jelas yah "pertanyaan" saya.
Mengenai LVM saya masih perlu belajar lagi pak kayaknya :)
Thanks advicenya

Rgds,
Mamad