2009/4/1 IwanMR (at) gmail <iwa...@gmail.com>:

> coba2 baca CBQ atau HTB, ternyata produk itu brenti di develop tahun 2006
> susah sekali pulak ngertinya ;-) buat orang awam....

cbq kayaknya emang deprecated tapi masih didukung, htb setahu saya
udah masuk di kernel (kernelspace) dan sepertinya akan terus dipakai
karena ini bagian dari linux QoS. CMIIW.
Bisa dipanggil dengan tc, misalnya

tc qdisc add dev eth1 root handle 1: htb default 15
        tc class add dev eth1 parent 1: classid 1:1 htb rate
${UPLINK}kbit ceil ${UPLINK}kbit
        tc class add dev eth1 parent 1:1 classid 1:10 htb rate 36kbit
ceil 36kbit prio 0
        tc class add dev eth1 parent 1:1 classid 1:11 htb rate 36kbit
ceil ${UPLINK}kbit prio 1
        tc class add dev eth1 parent 1:1 classid 1:12 htb rate 9kbit
ceil ${UPLINK}kbit prio 2
        tc class add dev eth1 parent 1:1 classid 1:13 htb rate 9kbit
ceil ${UPLINK}kbit prio 2
        tc class add dev eth1 parent 1:1 classid 1:14 htb rate 11kbit
ceil ${UPLINK}kbit prio 3
        tc class add dev eth1 parent 1:1 classid 1:15 htb rate 9kbit
ceil ${UPLINK}kbit prio 3

Untuk melakukan apa yang ditanyakan Pak Amiruddin Utina (sebagian)
bisa dilakukan dengan kombinasi tc, ip dan iptables. Misalnya dengan
membuat beberapa kelas htb dan melakukan paket marking dengan
iptables. Kemudian memasukkan paket-paket yang sudah ditandai dengan
iptables ke dalam kelas-kelas HTB. Selanjutnya tinggal mengatur
prioritas.

Tentu saja penggunaan userspace HTB (htb tools dll) sangat membantu,
juga konfigurasi squid untuk trafik http (web browsing).

Saya ada beberapa tulisan di blog saya (maaf pak moderator saya bukan
iklan) silakan dibaca semoga membantu [1], [2], [3]

[1] http://medwinz.blogsome.com/2008/11/18/traffic-shaping-lagi-huh/
[2] http://medwinz.blogsome.com/2008/11/19/traffic-shaping-penjelasan-2/
[3] http://medwinz.blogsome.com/2008/11/20/traffic-shaping-penjelasan-3/

salam,