2009/4/1 Cahyo Purnomo <ca...@slc.web.id>:
> menurt saya justru HTB khususnya HT-Tools (pernah juga pake htb-init)
> gampang, ada script buat generate ACL-nya.
> shaping by port juga bisa.....silahkan tinggal pilih...

Iya memang userland nya sudah (mulai) banyak, htb-tools salah satu
yang paling banyak dipakai.
Juga ada mastershaper [1] yang sedikit lebih menarik (webbased here
and there). Sekarang juga ada userland bandwidth shaper yang
dikembangin di BSD (jadi nggak pakai htb) namanya trickle [2]. Kalau
nggak salah udah ada versi Debian nya juga.

Tapi nggak tahu kenapa saya sangat puas dengan hasil tc (iproute2),
htb, ip dan iptables. Jadi selalu balik lagi ke situ :-)

[1] http://www.mastershaper.org/index.php/Main_Page
[2] http://monkey.org/~marius/pages/?page=trickle

salam,
medwinz