2009/5/29 achmad mardiansyah <a.mardians...@gmail.com>:
> hallo semua,
>
> saya ditugasi maintanance server linux ubuntu 8.04 yang mempunyai
> beberapa 4 ethernet.
> yang nginstall server ini orang lain, setelah selesai, trus di handover ke
> saya.
>
> dari "ifconfig", didapat info 6 ethernet:
> eth0 - eth5
>
> dari lspci, didapat info ada 4 ethernet fisik:
> realtek
> myson
> 3com
> intel
>
> dari pengamatan fisik (tanpa buka casing), didapat info:
> [...]

coba install ethtool

> yang saya tanyakan:
> - gimana cara mengetahui mapping antara device ethernet ke interface fisk?
> contoh: eth0 itu sebenernya yang mana sih? realtek, myson, intel ato apa?

gunakan perintah:

ethtool -i eth[n]

untuk mengetahui drivernya apa, dengan mengetahui nama driver, pasti
tahu dong mereknya apa ^_^

> - jika sudah tahu, lokasi card ethernet tersebut berapa di slot PCI berapa?
> slot0, slot1, slo2, ato berapa?

kalau yang ini gunakan perintah:

ethtool -p eth[n]

perintah ini akan membuat LED di samping port ethernet berkedip, jadi
kita bisa menebak mana port fisik eth[n]

tapi, pastikan ndak ada traffic ke servernya, biar tidak rancu antara
kedipan transfer data dan kedipan testing

> mohon bantuannya ya...

semoga dapat membantu