2009/6/2 Charlie Anthony <ex.animas...@gmail.com>:

> Menurut saya, (CMIIW) memang anggapan bahwa Linux kebal virus itu
> salah. Pada dasarnya (hampir) tidak ada virus di Linux disebabkan oleh
> sifatnya yang open-source, sehingga jika terjadi masalah
> keamanan/hole/whatever, biasanya akan diperbaiki dengan cepat oleh
> komunitas. Sifatnya yang open-source ini jugalah yang menyebabkan
> Linux sangat "beraneka-ragam" (dalam berbagai varian, distro, dll)
> sehingga lebih sulit membuat virus yang bisa menginfeksi semua jenis
> (distro) Linux.
>
> Mungkin nanti bakal ada virus untuk Ubuntu, mengingat sistem operasi
> [...]

Slaen faktor software yg slalu terupdate dan byk distro, faktor cara
menggunakan jelas beda
Di Windows rata2 user akan langsung menggunakan account administrator
level. Ini yg menjadi problem tambahan
Tapi di Linux (termasuk Ubuntu), kebudayaan spt ini bener2 dijauhkan
Kalo butuh level root, harus pake sudo

--
Get "Ubuntu Server Guide" inside your Ubuntu desktop:
Help and Support -> Advanced Topics -> Installing Server Applications