2009/7/22 Ronny Haryanto <ro...@haryan.to>:

> Memangnya seberapa sering ya broadcastnya? Paling kan cuma kalo belum
> ada di MAC tablenya switch, sama kalo ada yg pindah colokan aja?

jangan lupa tabel ARP di masing-masing host juga harus terisi dulu pak
sebelum mengirim paket utuh.
untuk mengisinya, host akan broadcast pertama kali.
dan kalau broadcastnya masuk ke switch, akan dibroadcast lagi. tabel
ARP tersimpan di RAM jadi kalo host-nya sore ini mati, besok pagi akan
melakukan hal yang sama saat akan menghubungi host yang belum ada
maping-nya di tabel ARP :)

> Ya itu pertanyaan saya. Kenapa harus dipecah? Memangnya kalo besar kenapa?

hehehe.. tidak "harus" dipecah pak, hanya tentu saja trafic broadcast
dari 10 host lebih kecil dibanding dari 100 host.

--
Utian Ayuba