On Oct 13, 2009, at 9:54 AM, Masim Vavai Sugianto wrote:

Setup Zimbra relatif mudah, hanya install normal kemudian berikan
perintah sebagai berikut :

$ zmprov md example.com zimbraMailCatchAllAddress @example.com
$ zmprov md example.com zimbraMailCatchAllForwardingAddress @example.com
$ zmprov md example.com zimbraMailTransport smtp:mail.example.com

Kenapa tidak pake metode selective forwarding dengan list user yang
bisa diprovide dari Exchange/AD?
triknya bisa pakai http://unixwiz.net/techtips/postfix-exchange-users.html

1. Karena kebetulan saya belum tahu solusi tersebut
2. Karena si Exchange/AD hendak direplace dengan Zimbra/PDC Linux

Mas Vavai, metode cactch-all (a.k.a terima dulu seleksi belakangan) kalau dipakai di jaman sekarang sepertinya terlalu 'boros' resource. Pasti mesin Zimbra tidak dipasang untuk menfilter, menscan, menganalisa spam atau bukan spam kalau akhirnya ternyata email tersebut akan bouncing karena usernnya tidak valid. Kalau bisa ditolak didepan kenapa mesti belakangan :-).

Akan lebih baik kalau semua user ada di Zimbra dan variabel zimbraMailTransport diset ke IP Exchange tsb. Kalau saya lihat fitur Zimbra yang cukup banyak ini, kok sayang ya hanya dipakai buat store dan forward saja :).

Asfihani