http://facebook.com/wiramaswara

> Hmm, masuk akal juga idemu. Tapi agak sulit masalah guru-nya. Aduh
> puarah sekali. Saya pernah diceritain teman saya kelas XI IA 1 begini...
>
> Guru: "Oiya, ada bahasa pemrograman baru...."
> Teman saya: "Apa itu pak?"
> Guru: "Oh iya, namanya.....LINUX"

Dinas Pendidikan harus ngeh juga, dan KPLI di daerah anda juga harus
bisa sosialisasi...

> Dan saya tertawa sedih mendengar itu. Sayang sekali mereka lebih memilih
> memakai Windows daripada mencoba Linux. Saya perkirakan ini gara-gara
> sebagian besar (bisa dihitung>50 %) menyukai desain grafis, dan mereka
> memakai PHOTOSHOP! Photoshopnya pun bajakan.

Adik saya pake GIMP untuk ngedit foto narsisnya..
http://www.wirama.web.id/2010/01/photoblog-adik-saya-pake-ubuntu-gimp.html

> Mereka berpikir anak IT tuh belajarnya ya Photoshop. Duh sedih banget
> meski saya tertawa terpingkal-pingkal mendengarnya.
> Masalah tutorial dan pengenalan Linux + FOSS saya sudah membuat homepage
> pribadi. Bisa diakses di http://ademalsasa.co.ccMasalah install linux ke PC
> teman, sudah
> beberapa kali saya lakukan. Saya juga sempat menjajakan CD Ubuntu dari
> shipit di sekolah. Masalah bimbingan dengan ramah, selalu. Saya senang
> sekali jika bisa berguna, lebih dari yang mereka harap.

Buatkan buku panduan singkat juga, dan dasar pemikiran menggunakan
FOSS juga *katanya* ada di Permendiknas, yang mewajibkan untuk
menggunakan software legal di sekolah.

> Namun, saya akui that's great. Kelihatannya semua jawaban Putu dari
> pengalaman pribadi ya? Wow salut!

Intinya adalah harus ada sosialisasi dari KPLI kalo seperti itu
kasusnya. Anda harusnya punya teman yang juga bisa diajak ngeLinux,
kemudian bisa koordinasi kepada Guru TIK yang sekiranya memungkinkan.
Atau kalau gak bisa, coba koordinasikan ke KPLI aja.

--
http://www.wirama.web.id/2009/12/test-kompatibilitas-dokumen-odt-antara.html
http://www.wirama.web.id/2009/12/instalasi-ubuntu-910-di-laboratorium.html

Putu Wiramaswara Widya