From: Dichi Al Faridi
To: tanya-jawab@linux.or.id
ReplyTo: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: Re: [tanya-jawab] Partisi yang menghilang gara-gara ubuntu
Sent: Feb 7, 2010 22:11

Pada 07/01/10 12:18, Pandu Prasetyo menulis:
> Dear All,
>
> Saya menginstall ubuntu 9.04 di laptop saya yang berspesifikasi Intel
> core 2 duo 2,0 GHz, ram 2 GB dan hardisk 250 GB yang di bagi 2 partisi
> yaitu partisi C dan partisi D menggunakan OS Windows Xp. saya
> menginstall ubuntu saya tempatkan di partisi D yang telah dikongsongkan
> tapi ketika proses instalasi pada tahap pemilihan partisi saya pilih
> partisi D yang kosong tadi. tapi ketika di install ternyata gagal, saya
> berusaha mencari jalan keluar dengan bertanya kepada teman saya dan saya
> [...]

1. Windows tidak bisa membaca partisi filesistem linux.. tapi hebatnya..
linux bisa baca partisi windows.. :)
2. Coba install ulang ubuntu Anda.. atau jika perlu Anda partisi ulang
untuk ubuntu.. sekedar saran.. jika partisi dibagi 2, untuk windows dan
linux.. untuk linux, berikan saja space, ntar linux bakal kasih default
format / ukuran partisinya..

--
Salam hangat,

Dichi Al Faridi