Hallo Pandu Prasetyo <shinigami.rem...@gmail.com>, email anda pada Thu,
07 Jan 2010 12:18:03 +0700 adalah;

->Dear All,
->
->Saya menginstall ubuntu 9.04 di laptop saya yang berspesifikasi Intel
->core 2 duo 2,0 GHz, ram 2 GB dan hardisk 250 GB yang di bagi 2
partisi ->yaitu partisi C dan partisi D menggunakan OS Windows Xp. saya
->menginstall ubuntu saya tempatkan di partisi D yang telah
dikongsongkan ->tapi ketika proses instalasi pada tahap pemilihan
partisi saya pilih ->partisi D yang kosong tadi. tapi ketika di install
ternyata gagal, saya ->berusaha mencari jalan keluar dengan bertanya
kepada teman saya dan saya ->browsing di internet tapi tidak menemukan
solusi masalah tersebut. ->masalahnya adalah ketika saya login di
Windows Vista tadi ternyata ->Partisi D tersebut menghilang tapi disk
management masih ada ? apakah ->ada yang bisa membantu saya
menyelesaikan masalah tersebut? ->

Saya tidak yakin partisi D-nya ilang, buktinya di Disk Management masih
ada. ;)

Gagal install yg anda maksudkan itu gagal pas tahap mana..? Tahapan
partisi hard disk, tahapan copying ubuntu files atau tahapan install
grub..?

Jika tahapan partisi hardisk gagal, yakinkan hardisk-nya dalam kondisi
sehat wal afiat. Jika yg gagal adalah tahapan peng-copy-an ubuntu file,
pastikan cd instalasinya tidak korup. Dan jika kegagalan terjadi pada
saat instalasi grub... anda bisa re-install grub-nya saja, atau
mengulang instal sejak pertama dengan cd lain yg benar2 sehat. CMIIW

Untuk cara reinstall grub, barangkali suhu2 disini bisa ngasih
penjelasan yg lebih baik... (saya juga lupa-lupa ingat.. xixixi)

Salam
taufiq luthfi
taufiq.lut...@gmail.com
http://top1xx.blogspot.com