habibillah wrote:
> Saya ingin tanya. kira-kira gimana caranya agar kode kita tidak di
> "curi" programmer saat sang programmer resign?

Kasihan sekali ya programmer yang kerja disana, ga bisa memanfaatkan
ilmu yang didapatkannya selama kerja :)

Kalau mau tertutup kayak Microsoft, ya sekalian. Bikin perjanjian NDA,
suruh programmernya tanda tangan sebelum diperlihatkan 'rahasia' perusahaan.

Kalau mau terbuka, ya open sekalian. Taruh source code di github atau
sebangsanya buat mirror, jaga-jaga kalo kantor kebakaran, data center
crash, laptop dicuri, dan berbagai bencana lainnya yg bisa menyebabkan
data hilang. Seperti quote-nya Linus:
"Real men don't use backups, they post their stuff on a public ftp
server and let the rest of the world make copies."

Intinya jangan setengah-setengah, binggung sendiri nanti. Kalau tujuan
pengen sekaya Bill Gates, ya kaffah-lah tiru cara bisnis dia. Bikin
produk ga penting bener, tapi mahal lisensinya adalah wajib. Kalau
tujuan demi kemajuan teknologi ala RMS, ya terbukalah. Seperti kata
salah satu operator, blak-blakan... ;)

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com