Fajran Iman Rusadi wrote:

> Yang diomongin kan source code bukan ilmu.
>
> Rasanya mustahil andai kita mesti cuci otak setiap keluar kerjaan.
> Sedikit atau banyak, IDE atau ILMU atau PENGALAMAN yang dimiliki
> seseorang mengenai apa yg sudah dikerjain itu pasti akan mampir ke
> tempat lain dan ini gak bisa dicegah. Kalau bisa, gak akan pernah ada
> lowongan dengan syarat "punya pengalaman kerja 10 tahun".

Ada batasan tipis antara ilmu dan source code saat itu dibahas dalam
konteks curi mencuri.

Contoh: Saya sewaktu bekerja ditugaskan membuat aplikasi x. Aplikasi ini
milik perusahaan pastinya. Saat saya tidak lagi bekerja di perusahaan
tersebut, saya membuat aplikasi y yang konsepnya sama dengan aplikasi x
yang dulu pernah saya bikin. Tidak sama persis pastinya, sudah saya
tambahin fitur lain. Apakah perusahaan saya yang dulu bisa menuntut saya
dengan tuduhan pencurian? Toh 'mastermind' aplikasi x dulu adalah saya
misalnya.

Makanya saya tulis, salah satu solusi adalah NDA. Sekali tanda tangan
NDA, ya udah. Ilmu apapun di project itu sebaiknya ga dipake di project
lain, kalo ga ingin dituntut.

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com