On Fri, 7 Jan 2005 19:38:34 +0100, Made Wiryana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Proses pencarian dan koneksi relatif masih client-server (saya ada 1
> paper yg menjelaskan hal ini, nanti kalo udah masuk kampus saya kirim
> judulnya)

> Pada P2P yg sekarang banyak memang masih keras bau client-server
> (sebetulnya yg berbeda antara client server dan publish/subscribe
> adalah mekanisme dia menemukan resource

Saya kurang paham mengenai kalimat di dalam tanda kurung. Bukannya
perbedaan utamanya adalah mekanisme komunikasinya? (i.e. seperti kirim
email ke seseorang vs kirim email ke milis)

> Secara logika, ya (wireless salah satu model yg membutuhkan decoupling
> itu, walau tidak harus).
>
> Tetapi publish/subscribe ini bukan hanya disebabkan karena ketidaan
> coupling yg terus menerus, tetapi juga keterbatasan ketersediaan
> koneksi bandwidth (optimasi protocol).
> Pada situasi wireless, keterbatasan bandwidth utk melakukan koneksi
> model client-server menjadikan publish/subscribe sebagai pilihan

> Biaya koneksi yg juga perlu dipertimbangkan dalam memanfaakan MOM
> tersebut. Perangkat wireless : memeori, bandwidth terbatas

Tenang saja om, MOM biasanya dijalankan di lingkungan manja, server
farm dengan sumber daya komputasi besar dan bandwidth lebar :)
(jadi teringat arsitektur 'aneh' sistem pemilu KPU kemarin, M$MQ
dipakai untuk komunikasi client-server. Padahal tujuan adanya MOM
bukan untuk itu)

--
Demi masa..