adi bilang (tanggal 02/04/2005 05:28 AM):
On Thu, Feb 03, 2005 at 06:09:26PM +0700, Budi Rahardjo wrote: blog
adalah (public) service. kriteria service ini (menurut saya) lebih
penting dibanding kriteria-kriteria lain yang sudah disebutkan di
sini, yang pada prinsipnya bukanlah kriteria, tapi lebih ke pada
ciri-ciri (atau feature) dari sebuah blog.

jadi, apakah *.insan.co.id blog? tergantung, kalau ada

http://budi.insan.co.id http://iwan.insan.co.id http://adi.insan.co.id http://whatever.insan.co.id

bisa dibilang blog, meskipun u/ update, tiap-tiap user harus

Maksud Anda seperti blogspot.com gitu?

Kalau begitu, supaya bisa dibilang blog harus ada yang seperti
adi.firdaus.or.id, budi.firdaus.or.id, reno.firdaus.or.id, dll. selain
yulian.firdaus.or.id :p

Menurut saya, blog/web log adalah sebuah situs yang menampilkan isian
secara kronologis, dilengkapi dengan acuan permanen terhadap
masing-masing isian. Sindikasi, komentar, kalender, dll. hanya
pelengkap. Isi, kepemilikan, dan nuansa blog pun bebas. Dimiliki oleh
personal ataupun korporasi, selama sesuai dengan definisi di atas tetap
saya anggap sebagai blog.

Kenapa saya definisikan seperti itu? Sekedar hasil mencoba berbagai
'blog-tools'. Semuanya memiliki kesamaan, tidak bisa membuat isian
tampil secara acak (sekalipun bisa memaksa beberapa isian ditampilkan di
awal), dan tidak bisa menghilangkan acuan permanen terhadap isian-isian
(sekalipun bisa disembunyikan).

:: r e n o ::

--
Hi Roy!(tm)