On 7/6/05, Oskar Syahbana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Mengejutkan? Kayaknya ga juga. Soalnya kan perang antara Microsoft vs EU
> sudah berlangsung sejak lama (dan jujur saja, Microsoft kan pemain terbesar
> untuk software proprietary).

Saya rasa bukan hanya Microsoft vs EU saja.
Banyak perusahaan besar (dan kecil) lainnya juga lho.
Itulah sebabnya banyak masalah dengan ZIP, GIF, dsb.
Coba cari tahu ... paten apa saja yang terkait dengan GIF? ;-)

>  Hm... apakah ini artinya masyarakat eropa boleh - boleh aja ngegunain
> Windows bajakan?

Tidak!
Bedakan paten software dengan copyright.
Pembajakan itu melanggar copyright, bukan paten.

Tapi kalau anda membuat software kemudian menggunakan
algoritma Lempel-Ziff untuk compression, maka anda harus
membayar kepada pemilik paten tersebut. Tidak peduli
apakah software anda commercial, gratisan, proprietary,
open source. (Kecuali anda nego dengan pemilik paten tsb.)
Algoritmanya yang dipatenkan. Ini mengerikan!

Software di banyak negara masuk ke rezim copyright.
Nah sekarang diinginkan (oleh banyak perusahaan besar) agar
software juga dapat dipatenkan.
Menurut saya ini salah arah. Kebablasan.

Biar software masuk ke regime copyright saja. Sudah cukup.

-- budi

Kirim email ke