On 7/7/05, Oskar Syahbana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Hm... oh akhirnya ngerti beda paten dan copyright :-)
>
>  Mematenkan ide? Bukannya dulu juga udah pernah dicoba oleh Apple yang
> mencoba mematenkan ide GUI cantik mereka yang dicuri oleh Microsoft?

Apakah mematenkan ide tidak akan membuat kisruh seperti mematenkan software?
Algorithm juga berasal dari ide, kan? :-)

Sebuah contoh kasus: Canon.
Canon merupakan salah satu pemegang paten terbanyak di US di bidang imaging.
Teman saya pernah mencoba melamar kerja di Canon. Sebelum tes
wawancara, dia harus menyiapkan sebuah ide baru (original, belum
pernah dibuat orang lain) yang bisa dia kembangkan di Canon. Kalau
semua ide itu kemudian dipatenkan, bagaimana? ;-) Barangnya tidak
perlu dibuat oleh Canon. Pokoknya orang lain harus bayar royalti kalau
mempunyai ide yang sama.