On 10/25/05, adi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> yang saya maksudkan adalah (public) accountability dari perguruan tinggi
> di Indonesia. Pernah diukur? Gimana hasilnya.

Saya takut hasilnya kan aneh!
Anehnya adalah karena tanpa masukan, menghasilkan produk :D
Banyak kegiatan di perguruan tinggi (at least di tempat saya)
yang tidak ada dana pendukung (aka dari kantong sendiri) dan
menghasilkan keluaran. Bagaimana cara ngukurnya?

Contoh saya sendiri deh. Ini rahasia antara kita aja ya...
(nyontek cara Aa Gym, he he he)
Saya di ITB nggak digaji (ceritanya panjang), tapi saya
tetap mengajar. Gimana ngukurnya tuh? ;-)

> Perbaikan mutu pendidikan bisa di-drive dari PT.

Bisa, tapi akan sukar karena intake (masukan) ke PT sudah
melempem. Wong nanya saja nggak bisa (atau nggak mau?)!
Berarti PT harus mengajari hal-hal yang seharusnya sudah
diajarkan di TK/SD/SMP/SMA?
SMA sekarang kebanyakan hanya mengajarkan cara masuk PT
saja. Apa bedanya dengan bimbingan tes?

> Prosedur seleksi yang sekarang barrier to entry mostly duit,
> bisa jadi pemicu. Misalnya.

Punya data soal ini? Atau hanya menduga?
Sebagai seorang wali di kampus, setiap semester saya pasti
tanda tangan permohonan beasiswa dari 2 s/d 5 mahasiswa yang
berasal dari keluarga miskin. Ada yang bapaknya berpenghasilan
Rp 700 ribu/sebulan dengan 4 anak!

Dalam satu kuliah saya, pernah saya mengajak mahasiswa untuk
praktek ke "warnet" (karena kami gak punya fasilitas computing
yang memadai). Untuk ke warnet biayanya Rp 10 ribu.
Ada beberapa yang mendrop kelas karena nggak sanggup bayar.
Saya menyesal setelah tahu itu!
(Padahal acara ke warnetnya itu hanya optional lho.)
Ada mahasiswa ITB yang hanya makan 2 atau bahkan 1 kali sehari.
Bukan karena sibuk, tapi karena gak punya uang.
Saya tidak percaya sepenuhnya bahwa barrier entry ke PT
(dalam hal ini, ITB) adalah duit.
Entah PT lain.

Saya selalu berkata kepada mahasiswa saya bahwa yang
namanya mahasiswa umumnya adalah kere!
Di Indonesia dan di luar negeri!

> Justru itu point saya. Mengencingi silicon valley toh bukan solusi buat
> India (j/k).

On the contrary, itu solusi buat India.
Seorang PhD di India hanya bisa jadi sopir taksi.
Kalau dia ke Silicon Valley, dia punya chance lebih besar
daripada sekedar sopir taksi.

> kita perjelas aturan mainnya dulu. kerja ya kerja. itu soal lain.

Nah, ini dia typical orang Indonesia :) he he he.
Sorry ya saya ambil contoh.

Pengalaman saya di luar, kerja dan hobby bisa blur.
Saya masih ingat suatu saat lagi jalan-jalan di Silicon Valley.
Karena tidak ada kerjaan dan bosen, kami pergi ngantor.
he he he.
Why take a holiday if work is so much fun?

Waktu di Canada pun saya kerja melebihi requirement.
Bahkan sebelumnya saya kerja voluntir, yang tentunya tanpa
digaji. Tujuannya hanya satu: get the job done!

> intinya bagaimana meningkat sirkulasi data dalam negeri:
> - menggalakkan PAU
> - subsidi/insentif buat content provider
> - komunitas cyber yang bisa diakses secara lokal

Problemnya, lagi-lagi ... kebanyakan orang hanya berteori
alias ngomong doang. Tidak banyak orang yang rajin menghasilkan
isi (content) secara lokal.
Detik.com merupakan salah satu yang konsisten.
Itulah sebabnya mereka berhasil.

Nah ...

-- budi

Kirim email ke