On 11/10/05, Patriawan, Carlos <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Objektivitasnya apa ? Keuntunganya apa ?

Manfaatnya banyak. Dari beberapa paper dan seminar/kuliah tamu yang
saya ikuti, secara teori (sekali lagi secara teori) dapat mengurangi
transmission delay dan menghemat bandwidth pada kasus multicast,
dengan menambah cost di router (untuk additional processing/coding).
Secara teoritis itu sudah dibuktikan manfaatnya. Teoritis = banyak
asumsi. Ada 1 paper yang menyajikan practical case-nya, tetapi itu
masih jauh dari practical buat saya.

Di bidang teori telekomunikasi dan informasi, topik network coding ini
sedang "boom" saat ini.

> Invention berguna jika ada terobosan dari teknologi sebelumnya dan
> bukan re-inventing the wheel :P

Itu sebabnya saya juga mencari cara agar setiap proposal bisa
kompatibel (berjalan bersama) dengan yang ada sekarang, bukan
menggantinya. Mengganti = tidak menarik buat sebagian besar orang,
apalagi yang di "business and political layer". ;-)

Kirim email ke