On 1/8/06, fade2blac <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>Contoh, jika ingin dipaksa meniru India, kenapa nggak ditiru sistem buku murah,
> pendidikan murah dan sebagainya, yang sifatnya prekondisi sehingga IT di
> India bisa
> seperti sekarang?

Textbook di china juga ada versi murahnya. Layout dan kertasnya memang
juelek, tapi murah. Tahun lalu saya beli dan bawa 1 dari sana. I
almost couldn't believe that it was so cheap. Textbook murah untuk
dijual di negara2 asia juga pernah saya beli di elvira bandung
(tentang elektronika analog, saya ingat harganya sekitar 20 ribuan).

Saya kira pihak penerbit bisa dilobi untuk menjualnya juga di
Indonesia. Kalau khusus mencetak untuk Indonesia saja, keuntungannya
tidak ada karena jumlah pembelinya tidak banyak. Hitung saja ada
berapa jumlah mahasiswa yang membutuhkan buku A misalnya. Di China
jumlah mahasiswanya memang banyak. Bahkan teman lab saya mengatakan
"too many PhD now in China. it's difficult for me to get a good job
there even I hold PhD".

Kirim email ke