baskara wrote:

> :-) Setuju dengan om carlos. Itu untuk jualan. Di pikiran saya kalau
> ingin menarik cisco atau juniper melakukan investasi di ITB, usulkan
> sesuatu (code) baru yang ingin dimasukkan ke dalam mesinnya
> cisco/juniper atau bekerja dengan (alongside with) cisco/juniper
> device. Show them that you have something important to be implemented,
> and please...could you borrow me some machines. :-)

saya ada beberapa ide untuk r&d:

untuk MPLS:
- R&D di MPLS OAM (area ini masih jadi ongoing research di ietf)
- offline mpls lsp optimization.
teorynya begini, bandwidth usage dan latency  dimonitor tiap interval
lalu datanya disimpan di centralized database. Nah dicentralized
database ini bikin perhitungan shortest path untuk masing2 traffic
class, misalnya voip ambil path A, traffic yang lain ambil path B etc.
Lalu dari perhitungan shortest path ini , bikin call ke cisco config
untuk input confignya,etc. Jadi mpls lsp dibikin dinamis tidak seperti
skrg yang statis. Algoritma di databasenya ya tugas studentnya lah :))

Untuk Routing
- Route optimization , cari shortest path via offline calculation

Untuk security
-Bikin algoritma untuk deep packet inspection jadi kalau ada virus,etc,
dideteksi dari router

om baskara pasti punya ide lagi.

-mcp

Kirim email ke