David Sudjiman wrote:

> Mungkin nda sekarang deh :-). Sorry, setahu saya yang beginian kan
> paketnya harus dicapture ampe selesai atau sampai tahap tertentu baru
> bisa dibaca ada virus atau ndak. Lagian, bukannya malah jadi lambat
> networknya? apalagi kalo tuh paket dari mime atau zipped atau bahkan
> encrypted.
>
> Sejauh ini kalo mau mungkin worm bisa, tapi kalo virus dari level
> aplikasi? :-D

bukannya ini cara kerja packet filtering ? perasaan sudah banyak yang
jual alatnya ? (h/w ato s/w).  salah satu contohnya : fortigate.

tidak bikin lambat network, karena prinsipnya gini :
kalo download, download itu diselesaikan dulu dan disimpen dalah sebuah
cache, baru kemudian di-scan dan dideliver ke client.
kalo dari sisi client ngeliatnya gini : kalo download aplikasi. bagian
progress bar download 0 % terus selama proses filtering berlangsung,
setelah selesai tao2 langsung 100 %.

kalo ide-nya Om Carlos barangkali begini (mohon dimaafkan kalo salah
persepsi).Jadi paket apapun yang masuk ke jaringan dideteksi. Nanti ada
beberapa kriteria misalnya paket itu dianggep worm, misal : paket yang
berulang2 dengan tujuan paket yang berbeda2. itu dianggap worm. Kalo
ada paket data yang besar, itu dilempar ke content filtering. Jadi di
cisco-nya nanti ada content filtering juga :) (kuat gak yach cisco-nya
:) )

Kirim email ke