Salam,

Agak OOT. Berhubung disini banyak yg pengalaman....

Network di kampus saya menggunakan Novell (IPX over IP, border manager,
etc...) semua aktivitas yg melibatkan akses jaringan mengharuskan
otentikasi terlebih dulu (kalo ngga salah clientnya Novell clientrust).
Masalahnya, clientrust ini propriatery.

Pertanyaannya, adakah client serupa, clone ataupun aseli dari Novell,
open source ataupun propriatery, di platform linux atau MacOS X?.

Ngga, jangan bilang saya harus install SuSE. Saya bukan penggemar
distro gendut. :)

Pertanyaan lain, kenapa ya koq kampus2 (dan saya denger kantor2 juga)
banyak yg milih solusi jaringannya Novell? Apa ngga cukup TCP/IP
thok? Toh semua service ada padanannya.

Terima kasih.
--
Barkah