On 7/4/06, Barkah Yusuf Widodo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salam,
>
> Agak OOT. Berhubung disini banyak yg pengalaman....
>
> Network di kampus saya menggunakan Novell (IPX over IP, border manager,
> etc...) semua aktivitas yg melibatkan akses jaringan mengharuskan
> otentikasi terlebih dulu (kalo ngga salah clientnya Novell clientrust).
> Masalahnya, clientrust ini propriatery.
>
> Pertanyaannya, adakah client serupa, clone ataupun aseli dari Novell,
> open source ataupun propriatery, di platform linux atau MacOS X?.
>
> Ngga, jangan bilang saya harus install SuSE. Saya bukan penggemar
> distro gendut. :)

> [...]

Kalau jaman dulu (jaman internet masih seperti sedia kala),
LAN ~= Novell. Titik. Itulah keadaan jaman dahulu. Dia lah solusi file
sharing terberes utk enterprise di jaman dulu. Dan jaman sekarang sih
masih kayak gitu. Mungkin supportnya aja yang pelan2 ilang.

Menangnya Novell itu saya lihat ada beberapa poin :

1. Guampang setupnya, dan langsung bisa file sharing, ke user tidak
ada config apa2 lagi.
2.Hampir gak ada virusnya . Misalnya ada virus, dia cuma ada di
storagenya, tapi tidak berpengaruh pada sistem.
3. Sekali diinstall, bisa ditinggal 5(!) tahun tanpa di configure
macem2, gak perlu dipatch aneh2, tahunya jalan. Misalnya power
blackout, nyala lagi langsung up, gak pake fsck macem-macem.

Gitu aja sih.

-affan