Adjie wrote:

> Rie,
> sebenarnya juga ngga over protected,  ketemu banyak orang juga  ngga melulu
> baik untuk si anak,  well paling ngga kenakalan anak2 juga pengaruh paling
> besar dari temen2 di sekitarnya.

betul djie, saya kan pernah beritahu kalau contoh keluarga di AS yang
semua anaknya homeschooling justru dari kalangan yang sangat agamis.
Mereka justru menghindari pergaulan di dunia luar yang cenderung sangat
merusak. Tapi di satu sisi perlu peran orang tua yang sangat kuat untuk
mendidik anak2nya.

-mcp