> mungkin ini karena penduduk kita banyak, jadi untuk mencari
> 10 orang juara math/fisika/kimia/biologi/komputer tentu saja
> lebih mudah :) kecuali kalau berdasarkan persentase.
> 10% orang indonesia apa lebih pandai dari 10% singapura?
> saya tidak berani ...

Nah tapi kalo menghasilkan 11 orang pemain sepakbola kok susah banget yah :)

Saya masih percaya pejabat tinggi Indonesia masih kurang care dengan
pembangunan di dalam negeri. Contoh, dulu Dirjen Dikti ditanya, apakah
ada usaha pemerintah untuk mendatangkan lagi aset bangsa yang ada di
luar negeri? Eh, jawabnya... Mereka pasti bakal balik kok, makanan
Indonesia masih menarik mereka untuk balik ke Indonesia. Terus satu lagi
bersama atase pendidikan dan kebudayaan di jerman, saya nanya pemerintah
punya data ga sih siapa aja warganya yang lagi sekolah di LN. Udah jelas
sih kalo jawabannya pasti tidak ada... tapi beliau ga concern dikit
juga... Bikin sedikit ill feel :P

--
Nanda Firdausi
http://satukubik.net