Mukti wrote:
> Komputer saya P200 MMX, 32 MB EDO, pakai Win98SE.
> (1) Saya mau pasang modem 56k internal, tapi kabarnya utk modem int
> membutuhkan kerja prosesor lebih daripada modem ext.  Jadinya apa spec
> komp yg *pantas* utk menggunakan modem internal 56k? Maksud *pantas*
> disini yaitu bukan *sekedar* bisa jalan saja (tetapi lambat),
> melainkan bisa jalan dg normal.
Modem yang anda maksudkan adalah modem k56v90 dengan speed 56k yang di
boost oleh software/driver-nya dengan mempergunakan syntax yang hanya
ada di MMX processor.
Saya rasa komputer anda sudah cukup bagus untuk ber-internet ria bahkan
cukup untuk menjalankan internet dengan winmodem tersebut. Dan perlu
anda ketahui bahwa komputer 486, 32MB, Win95 OSR2 dengan modem int/ext
k56v90 chip (bukan software) sudah cukup, karena berinternet ria
kuncinya adalah line telepon bersih dan modem yang tidak ngadat (rusak)
maka anda akan mendapatkan kecepatan 51000-56000 untuk koneksi
internet-nya dan ini adalah pengalaman saya pakai notebook 486DX2-66
dengan modem rockwell external k56v90.

> (2) Bagaimana cara mengetahui apakah suatu modem adl Win modem atau
> bukan?  Apakah semua modem int adl win modem?
Tidak semua modem internal adalah winmodem. Dan untuk yakinnya/testing:
1. Ketika beli, baca buku manualnya dan perhatikan jika modem tersebut
memerlukan processor MMX maka sudah pasti itu adalah SOFT MODEM.
2. Test di komputer pentium classic (bukan MMX) dan pergunakan line
telepon yang baik, modem tersebut bekerja baik maka itu bukan winmodem
tapi kalau keluar pesan error/ koneksi-nya tidak pernah mencapai
48000-56000 berarti itu adalah winmodem/soft modem.

> Sincerely yours,
> Mukti
Wassalam.

P's shop - Warez & HPVAC Online Shop - at http://surf.to/pshop/