Wa'alaikumsalam,

Seperti biasa, aku usil bin gemes nimbrung di tengah. Masalahnya adalah,
saya pikir mas Arland emang hobi mengfaitaccompli.Pertama, berinisiatif
tanpa koordinasi dng tim moderator keluarga-islami dulu. At least, kirim
pesan lah, eh saya take over ya milis ini. Dng alasan: banyak member
aktif yg resah soal ini, jadi saya bikin baru utk menampung mereka.
Kedua, mengfaitaccompli seseorang utk jadi moderator, ini udah
diklarifikasi sama pak sabri via japri reply all ma temen2. Ketiga,
faitaccompli bahwa milis Keluarga-Islam adalah pengganti milis
Keluarga-Islami.

Anda memang nawarin ownershipnya, tapi kita sudah mengeluarkan sikap
bahwa kita masih fokus mengembalikan yahooid owner, tidak membentuk
milis baru. Lagian, ente itu emang hobi, baik2 di depan, tapi ada udang
dibelakang. Mau kasih ownership, eh pake embel2 syarat he-man datang ke
anda minta passwordnya dan mengenai nama keluarga-islam, dlm postingan
mas arland disentil2 juga soal mas dwi dan he-man yg tidak suka dng
poligami. (so what gitu loh?). Gini mas, se-sarkastik orang sini
mengkritik orang atau institusi tertentu, saya pikir gak ada tuh
kepikiran melakukan suatu tindakan secara tidak fair (soal anggun, cuma
mas dwi yg bisa, hehe..)

Soal he-man dan PKS emang ada gosipnya. Konon kabarnya, ada milis/situs
porno yg targetnya cewe2 PKS dan ditelusuri dalangnya adalah seseorang
yg punya id miriiiiip dng yahooidnya he-man (gumiwang). Kalo gak salah
id nya gumiRwang. Beda 'r' doang nih jek. Hipotesa yg cukup masuk akal
soal terdeletenya milis KI adalah ada yg mengadukan 'abuse' ke
yahooadmin utk yahooid 'gumiwang' dng alasan milis porno. Kenapa begitu?
Karena beberapa hari sebelum yahooid terdelete, setting milis berubah
jadi 'adult only'. Sebelum hilang. He-man pun kalo gak salah 3 hari
sebelumnya kesulitan mengakses yahooid sebelum akhirnya terdelete juga.
Disatu sisi ini ide yg brilliant. Gak perlu ngehacked yahooid orang atau
milis orang karena si yahoo admin yg mengdeletenya. Memanfaatkan
perseteruan antara he-man dan PKS. Cap anti PKS emang mungkin ada di
jidatnya he-man, dan saya rasa anak2 PKS pun mungkin tau juga soal cap
ini. Dan setau saya, obrolan via japrian (dng modus reply to all) dng
teman2 berhenti sampe sini. Gak ada tanggapan lagi ketika saya kemukakan
hipotesa ini.

Soal diskusi, saya setuju sama mbak Mei. Disini ruang dibuka lebar utk
diskusi. Dan disini kita mempertahankan beda pendapat boleh, but don't
take it personal. Jangan sampe ujung2nya jadi ajang balas dendam dng
melakukan character assasination. Beda di milis lain.

Soal DoD dan bismillah, emang bukan soal 'hak ciptanya', tapi lebih
bahwa anda njiplak blas dng cara yg tidak oke. Konsepnya sebenarnya
adalah reminder harian. Bentuk dan namanya bisa apa aja. Ada embun pagi
di milis DT, ada member sini yg kadang2 posting quotation of the day,
puisi of the day, etc, etc. Tapi dari postingan anda, jelas sekali
pengen nyerobotnya... lagi2 dng cara yg tidak etis. Dulu gw pernah juga
mengkudeta DoD he-man di M3B. Tapi caranya agak gentle gitu lho, 2
minggu lebih gak kirim DoD, sebelumnya sounding dulu, sampe suatu hari
tak kudeta karena gak nongol terus dan jelas2 gw sebut di judul
emailnya: kudeta do'a of the day :-))

Ps. Anda suudzon lagi ma kami. Email anda sama sekali gak di banned di
milis ini. Sudah berapa kali kami terangkan soal ini?

Eniwei congrats with the new milis. Another room for your show isn't?