Dini, pengamatanmu banyak juga.  :) Salute ...
You do your homework.  Sekarang saatnya merenung,
kembali ke kedalaman diri kita, menjari jawab dari
permenungan dan pencarian kita.

Pada saatnya, dari sekian banyak cermin, frame, kasus,
kejadian, kita harus melihat secara detail kasus per kasus
supaya bisa menyelami lebih dalam lagi.

Aku mulai dari satu kasus yang di bawah ini dulu yak ...

Aku ada suatu kisah, dulu aku tak lampias mengerti.
Mengapa seseorang melakukan ini, atau itu ...
Tapi dari kisah seseorang di bawah ini, seorang
akhwat juga, yang memilih jadi "orang biasa" itu,
mungkin kita bisa bercermin, dan memetik satu atau
dua hikmah yang tersembunyi ....

Terkadang orang perlu waktu sejenak, menjadi
orang biasa, sebelum kembali berkarya

===
PRINSIP HIDUPKU

Aku manusia yang lahir dari rahim ibuku.  Sebagai anak kelima dari 9
bersaudara, aku mersa bersyukur dengan apa yang ada pada diriku dn
sekelilingku.  Semua itu harus aku terima sebagai rohmat dari Alloh yang aku
terima dengan hati lapang.  Walaupun kadang pernah terbenak dalam pikiranku,
aku mersa rendah, hina bila dibanding orang yang ada di atasku dan aku baru
merasa bersyukur bila sudah bertemu dengan orang yang ada di bawahku.

Aku dibesarkan dari lingkungan keluarga yang secara materi termasuk golongan
cukup, tapi tidak berlebihan.  Tapi secara spiritual, terutama masalah
pendidikan, alhamdulillah, aku didik oleh orang tua yang basic agamanya
cukup bagus.  Bapaklku kebetulan seorang guru agama yang mengenyam
pendidikan Islam sampai di tingkat sarjana.  Tapi sayang ibuku seorang dari
golongan agama yang sangat biasa/basic agamanya kurang bagus.  Walaupun
sedikit banyak pengaruh agama bapak masuk ke ibuku tapi kadang masih banyak
hal kebiasaan yang kurang bagus yang masih ada pada ibuku masih dibawa dan
kadang menimbulkan masalah dalam keluargaku.  Terus terang hal itu sangat
berpengaruh pula pada psikologisku sendiri.  Dampak yang ada itu sangat
berpengaruh pada kehidupanku sampai sekarang.  Di lain sisi kalau aku
berkaca pada bapakku aku ingin menjadi seorang rohis yang mampu mengabdi
sebagai hamba Alloh yang beriman dan bertaqwa tapi di sisi lain kalau aku
bercermin pada ibuku aku merasa hidup pada lingkungan yang berlawanan dengan
bapakku.  Intinya tidak ada kesepakatan antara kedua orang tuaku dalam
masalah prnsip hidup terutama dalam beragama.

Pendidikanku dari tk sampai SD, bersekolah di sekolah Islam.  Aku sekolat tk
di muslimat, karena sekolahku yang paling dekat dengan rumah yang berbasis
NU.  Terus terung bapakku seorang muhammady yang memegang kemuhammadiyahan
kuat.  Walaupun begitu tetap saja aku sekolah di tk itu.  Setelah tk aku
masuk di MI Ma'arif yang setara dengan SD selama 6 tahun.   Di Mi inilah aku
benar-benar dididik agama yang cukup lumayan. Selain kebiasaanku mengaji
setiap sore, rutin di MI Maarif ini aku merangkap sekolah di Pondok Darul
huda dekat rumahku.  Aku masuk sekolah pondok setelah kelas 6 SD.  Pagi di
MI maarif dan sorenya di pondok.  Disini aku benar-benar merasa terikat
selain lingkungan masyarakat yang terlingkup pada kehidupan orang pondok
yang cenderung monoton, primitif, tanpa ada kedinamisan dalam menerima
budaya baru/pemikiran baru.  Memang bukan hal yang aneh lagi, orang NU,
cenderung selalu taap pada kyai, jadi segala hal-hal yang baru masuk harus
minta persetujuan dari seorang kyai.  Jadi menurutku masyarakatku tergolong
primitif dan kolot.  Pengaruh itu membuat aku menjadi orang pendiam, dingin
pada lawan jenisku, dan diliputi rasa malu kalau bergaul dengan lawan
jenisku.  Boleh di bilang aku hanya terpaku pada kehidupan agama yang
ortodoks tanpa ada kebebasan dan kedinamisan.

Masyarakatku mayoritas orang NU, dan satu-satunya yang Muhammadiyah hanyalah
keluargaku saja.  Jadi sedikit banyak aku dibesarkan pada
kehidupan/kebiasaan orang NU.  Tapi dari situ aku banyak mengambil hikmah.
Di MI, aku tahu hukum Islam, Hadits, Al Wuran, dan yang paling aku sukai
pelajaran bahasa arab.  Di tambah dengan sekolah sore di pondok selama satu
tahun.  Selama di pondok banyak kenagan manis yang aku peroleh.  Aku sekolah
di lingkungan orang-orang yang berumur diatasku.  Teman-teman di pondok
banyak yang menyayangiku.  Dan memanjakan aku.  Selain aku dibilang pintar,
karena prestasi yang aku peroileh aku tergolong murid paling muda dan jauh
lebih muda dari teman-temanku.  Walau di pondok aku duduk di kelas 6 SD
sedang teman-temanku banyak yang sudah kuliah di IAIN kebanyakan sudah
semester I, II dan III.  Aku sering disanjung ustadku dan dihafali..itu yang
membuat aku lebih tertarik untuk sekolah di pondok itu.  Aku tahu bagaimana,
sedikit banyak tentang ilmu tafsir, bahasa arab, shorof dn lain-ain.  Aku
mampu meraih prestasi ranking dan masuk nominasi sebagai murid yang masuk
kelas eksperimen (kelas satu langsung kelas tiga).  Dari situlah aku
tertarik untuk menggeluti bidang agama dan aku sangat tertarik untuk
megikuti kegiatan kerohanian.  Setelah tamat aku melanjutkan ke sekolah umum
negeri.  SMPN I Ponorogo.  Terus terang aku sebenarnya dulu sangat tertarik
untuk melanjutkan sekolah ke pondok pesantren, tapi sayang orang tuaku
tidakmengijinkan terutama ibuku dengan alasan bahwa aku sudah lumayan
mendapat pendidikan agama, seandainya aku pingin menggeluti /memperdalam
ilmu agama aku bisa mengembangkan sendiri dengan dasar-dasar pendidikan yang
aku peroleh.  Itu mendurut ibuku lain lagi menudrut bapakku.  Kalau bapakku
itu semua terserah padaku.  Setelah aku berfikir dan banyak merenung
akhirnya aku memutuskan untuk mengikuti nasihat ibuku.  Aku punya fikiran
kapan lagi memenuhi keinginan ibuku dan aku yakin pemikiran ibu pasti banyak
benarnya.  Akhirnya aku diterima di SMPN I ponorogo.  Tapi sayang aku tidak
bisa melanjutkan sekolah pondok akrena SMP itu masuknya sore.  Selama 3
tahun di SMP aku hanya mendapatkan pendidikan minim sekali.  Di sela-sela
itu aku merasa tidak puas dengan pendidikan agama yang minim itu/  untuk itu
aku mengikuti kegiatan kerohanian Islam di SMPn itu.  Aku masuk dalam
pengurus seksi agama.  Disitu aku hanya terfokus pada kegiatan agama.
Misalnya mengadakan kegiatan qiro'ah yang rutin diselenggarakan setiap
minggu sekali.  Dari kegiatan qiro'ah akhirnya aku sedikit-sedikit bisa
membaca qiro'ah dan punya grup yang sering diundang dalam acara pernikahan
dan acara/hari khusus.  Ini berlangsung sampai aku SMA dan kadang sekarang
pun masih pernah tapi jarang.  Aku juga sempat ikut lomba wiro'ah walaupun
belum bisa mencapai prestasi yang maksimal.  Selain qiro'ah aku sering
dilibatkan dalam acara pondok romadhon, ataupun acara hari besar Islam,
ataupun acara baksos penyembelihan korban di daerah terpencil.aku sangat
senang dan bangga dengan kegiatan yang aku ikuti selama ini aku merasa
banyak hal-hal positif yang bermanfaat bagi diriku sendiri.  Teman-temanku
juga termasuk golongan teman-teman yang cenderung religius dapi dari situ
aku merasa terikat dengan kebiasaan kegiatan rohis.  Aku harus menjaga jarak
dengan teman-teman cowok.  Boleh dibilang aku semasa SMP sangat canggung
berteman dengan cowok. Pernah kejadian aku disenggol oleh teman cowok,
peristiwa itu membuatku marah dan aku merasa nggak terima akhirnya temanku
cowok itu minta maaf ke aku.  Tapi melihat seperti itu aku sampai merenung
rasanya aku terlalu egois, cuek sama cowok, dingin dan mungkin boleh
dibilang sok suci.  Sehingga aku kadang merasa berontak pada diriku sendiri
kenapa aku seperti itu, yang pada akhirnya aku tidak bisa akrab sama cowok
dan tidak banyak teman.

Walaupun aku didukung oleh bapakku untuk aktif di kegiatan rohis, tapi orang
tuaku selalu berpesan bahwa mereka mendukung aku, tapi aku tidak boleh
terlalu membatasi diri yang pada akhirnya itu akan merugikan diriku sendiri.
Kondisi di SMP tak jauh beda denan di SMA.  Tapi di SMA lebih getol lagi.
Aku masuk awal SMA sudah mulai memakai jilbab.  Aku memang didukung bapakku.
Sebenarnya bapakku menyuruh aku memakai jilbab pada waktu aku duduk di kelas
3 SMP.  Tapi aku belum mau dengan alasan kasihan orang tua mesti ngeluarin
duit untuk itu semua.  Pada dasarnya aku memakai jilbab bukan karena disuruh
orangtua, tapi aku merasa tergugah dnegan kakak kelasku SMP yang dulu
tergolong orang yang biasa dari religiusitasnya tapi dia ternyata punya
keinginan untuk memakai jilbab.  Aku sering bertanya pada diriku sendiri
mengapa aku tidak memakainya?.  Padahal dari lingkungan keluargaku aku
termasuk orang yang tahu hukum agama dan didukung bapak, meskipun ibuku
terus terang kurang mendukung.  Dan dari segi pendidikan agama aku merasa
sudah banyak yang sudah aku peroleh.  Dari situ aku merasa tergugah untuk
memakai jilbab di awal SMAku.  Disana aku juga nggak jauh beda dengan di
SMP.  Aku pernah dijadikan ketua takmir putri musholla SMAku.  Sebenarnya
aku merasa aneh kenapa teman-temanku memilih aku, padahal kalau dilihat dari
kekhusukan/tingkah laku menurutku aku jauh dengan mereka.  Aku merasa
menjadi pemimpin yang tidak pantas menjadi contoh teman-temanku.  Dan
perasaan bersalah itu sampai sekarang masih kuingat terus.  Kadang kalau
teringat aku menjadi malu sendiri.  Teman-temanku yang baru memakai jilbab
sekarang sudah ada peningkatan, diantaranya banyak yang memakai jilbab lebih
menutup aurotnya.  Aku waktu SMA juga sudah mengenal namanya kajian-kajian.
Selain aktif di bidang agama aku juga aktif di bidang kajian ilmiah yaitu
KIR (karya ilmiah remaja) dan lumayan membawa hasil juga.

Msa SMA aku jalani walaupun dengan banyak tantangan yang meski aku hadapi.
Masa SMA membawa sedikit kenangan manis, terutama aku merasa teman-temanku
masih menghargai aku sebagai ketuanya.  Terbukti dari teman-temanku yang
minta saran/masukan dan motivasi untuk memakai jilbab walaupun kondisi
keakhwatanku mungkin kurang meyakinkan.  Sehingga pada akhirnya
teman-temanku banyak yang memakai jilbab.  Yang semula dulu hanya aku
seorang  meningkat menjadi hampir separo dari putri di kelasku dan menjadi
pemecah rekor diantara tujuh kelas yang lain yang memakai jilbab terbanyak.
Aku sangat bersyukur.

Kehidupan SMA pun tak jauh beda dengan masa kuliah.  Semester I dan II aku
sudah mulai aktif di takmir karena aku membayangkan kegiatan tak jauh
berbeda dengan kegiatan rokhis di SMA.  Ternyata aku menemukan perbedaan
yang menyolok sekali.  Kegiatan di kampus lebih ada batas-batas tertentu
daripda waktu di SMA.  Di SMA lebih bebas.  Dengan kondisi seperti itu aku
mungkin agak kaget, tapi karena akhirnya menjadi biasa.  Hal itu didukung
suasana kos waktu semester I dan II mendukung.  Tapi pada akhirnya setelah
aku fikir-fikir aku mulai bosan dengan kondisi seperti itu.  Sebenarnya itu
menunjukkan hal yang positif, tapi hati nuraniku menyatakan tidak, dan aku
sendiri tidak tentera dengan lingkungan seperti itu.  Kadang aku seperti
merasa seperti terpaksa hidup di lingkungan seperti itu.  Akhirnya waktu
semester III aku pindah kos.  Di sini aku menemukan lingkungan yang tak jauh
beda dari lingkungan pertama tapi lebih bebas sedikit.  Walaupun begitu,
kondisi hatiku lebih parah daripada semester awal.  Aku merasa hidup dan
kemunafikan dan keboihongan.  Prinip di hati dan aplikasi ternyata jauh
berbeda.  Lingkungan menuntut aku seperti itu, tapi hati nuraniku mengatakan
tidak.  Aku selalu resah dan bimbang, sementara lingkungan kampus juga
seperti itu.  Aku tidak menemukan apa yang aku cari selama ini di lembaga
takmir Al Hadiid, aku tidak puas di lembaga ini, tidak sesuatu pengalaman
yang berarti.

Kebetulan aku ditawari oleh teman-teman jurusanku untuk menjadi wakil BPM
FT.  Aku dicalonkan dan akhirnya aku memenagkan suara.  Aku resmi menjadi
anggota BPM FT.  Disinilah aku mulai banyak pengalaman.  Di sisi lain aku
mulai menganal dan dikenaldi teman-teman FT.  Disini aku menemukan segudang
penalaman, selain itu aju juga mencoba masuk di lembaga pers fakultas
(SOLID), di solid awalnya aku merasa tidak puas, karena di solid pergaulan
lebih bebas.  Akhirnya karena ada perbaikan -perbaikan kondisi solid menjadi
lumayan.  Walaupun begitu, aku masih juga sedikit aktif di takmir.  Dari
ketiga lembaga itu sampai sekaranng aku sering membandingkan.  Kalau dilihat
dari kekeluargaan, BPM, lembaga ini paling menyenangkan.  Tapi kalau suasana
formalitas dalam forum kadang lebih bagus di takmir, kalau pengalaman yang
didapat lebih banyak di bpm.

Selama semester III dan IV aku merasa banyak goncangan hidup yang aku alami,
aku hidup dalam suasana ketidakpuasan dan kebimbangan, antara kesenangan di
kost-kostan, kampus dan di rumah.  Baru pada semester V, aku mencoba pindah
kos sampai sekarang.  Aku merasa suasana baru ini akan merubah warna hidupku
selama ini.  Aku benar-benar berubah.  Pola hidupku juga berubah, aku merasa
lebih dewasa, percaya diri, dan lebih bebas bergaul, sehingga aku merasa
enjoy di lingkungan baruku.  Tapi satu hal dalam hiduku yang tidak bisa
berubah.  Aku punya prinsip hidup dalam beragama yang tersimpan dalam hati.
Prinsip hidup yang kuat dalam hati memang sudah tertanam dalam hatiku sejak
aku mulai menyedari bahwa aku sebenarnya sudah lumayan punya ilmu untuk itu.
Tapi ingat bahwa aku tak mau hidup dalam kemunafikan seperti dulu lagi.  Aku
ingin menunjukkan bahwa seperti inilah aku.  Aku paling tidak puas kalau
orang lain menilaiku baik di luar (penampilan) tapi sebenarnya dalam hatiku
aku belum bisa menerima penilaian seperti itu.  Aku sering membicarakan
uneg-uneg ku ini dengan orang tuaku.  Terus terang orang tuaku (bapakku)
paling menyukai kalau diajak diskusi masalah agama dan kehidupan.  Aku
pernah melontarkan bahwa aku ingin melaksanakan agama yang aku jalani secara
kaffah.  Tapi bapakku sempat ketawa sinis kepadaku, aku jadi malu sendiri.
Bapakku sering menasehatiku, bahwa manusia untuk mencapai tingkat seperti
itu terlalu tinggi.  Kita ndak usah bermuluk-muluk seperti itu.  Coba kalau
kita fikir, kita mampu melaksanakan sholat 5 waktu secara sempurna saja itu
merupakan suatu hal yang bagus sekali.  Dan untuk punya keinginan semuluk
itu bagus-bagus saja.  Cuma itu suatu hal yang sia-sia kata Bapakku.  Dari
lontaran Bapakku seperti itu aku jadi berpikir dan itu kayaknya pas dengan
keyakinanku selama ini.

Akhirnya aku memutuskan untuk memilih hidup seperti inii yang membuatku
lebih tenteram dan hatiku merasa lebih tenang.  Aku sendiri juga tidak tahu
apakah pilihanku ini diridhoi Alloh, aku tidak tahu.  Tapi aku selalu berdo'
a ditunjukkan pada sesuatu yang terbaik untukku.

Jadi pada intinya aku merasa harus memulai hidupku untuk menawali dari hablu
minAlloh (dalam artian aku harus menyempurnakan, menguatkan ibadahku kepada
Alloh) dulu baru aku melaksanakan hal-hal lain yang belum mampu aku
laksanakan.  Aku punya prinsip aku lebih senang orang memandang keburukanku,
tapi dalam hati aku menyimpan mutiara.  Daripada mutiara nampak dari luar
tapi sebenarnya mutiara itu hanya sebagai hiasan.  Biarlah orang lain
memandang seperti apa diriku, tapi itulah aku.  Aku punya pedoman dan
pegangan yang kuat untuk melangkah menuju hidup lebih baik.  Aku harus punya
semangat kuat untuk merubah yan kumulai dari hatiku dulu.

Hal seperti akan aku terapkan dalam berdakwah dengan orang.  Dengan kondisi
seprti sekarang ini aku merasa lebih bisa bergaul dan berdakwah sebatas yang
aku tahu secara lebih leluasa tanpa ada ikatan.  Hal seperti ini memang baru
aku rasakan.  Mudah-mudahan Alloh selalu menunjukkan jalan yang lurus, yang
membawa langkah hidupku menuju jalan kebenaran.  Amin.