Masak sih sebabnya lantaran isteri kena kanker tenggorokan? Apakah
dalam surat-suratnya Azahari menyatakan begitu?  BTW, kanker itu
adalah penyakit yang cepat menjalar, bukan kronis menahun tapi
hitungan bulanan kan? Apakah Azahari tau-tau beberapa bulan saja
jadi radikal? Bahkan dia sudah nggak di rumah sejak tahun 2001.

Ini penting untuk diamati oleh psikolog misalnya.  Kalo dugaan saya
sih, Azahari adalah suatu fenomena radikalism yang timbul dari
keterasingan yang akut akibat sekularism.

Saya bilang fenomena karena Azahari nggak sendirian.  Keadaan dan
kondisi tertentu bisa saja makin mengentalkan sikap radikal itu,
menjadi pembunuh no satu.

Kita semua, terutama kaum marjinal, merasakan keterasingan yang luar
biasa ini.  Malaysia misalnya, menjadi relatif makmur
perekonomiannya dengan pesat, di saat yang sama kebijakan ala
Mahatir yang sekuler tulen meredam radikalism ini sedemikian rupa.
Azahari beruntung sekali bisa belajar ke Aus dan British.  Di saat
yang sama perubahan ke modernism ini menjadi sangat tiba-tiba buat
kita.  Dalam modernism-sekularism kita terkotak-kotak dalam suatu
peran, keahlian, dan sekaligus orientasi pemikiran. Muslim, sebagai
salah satu kelompok marjinal, mendapatkan dirinya dalam idealisme
yang ada di langit sana dan sejarah masa lalu, sementara kenyataan
ada di bumi sangat menghimpit dan menghinakan.  Ini nggak
memperbaiki keadaan, tapi malah tambah mengasingkan.

Perhatikan wawancara keluarga dan tetangga Azhari, yang penuh dengan
denial dan kebohongan. Dulu sebelum dia terbunuh, saudara
perempuannnya merestui perjuangannya, katanya demi agama, bangsa dan
negara.  Tetangganya nggak percaya Azhari kayak gitu. Saudara laki-
laki Azhari memberikan 'clue' sbb: Azhari itu bukan orang yang
agamanya fanatik atau relijius sekali, biasa saja. Cuma saja
terakhir kita bertemu, dia selalu mengingatkan apakah sudah solat?
Dan solat dimana? Seharusnya di mesjid, karena pahalanya 27 kali
lipat. (wadoh, Azhari tukang matematika, bawaannya ngitung mlulu.
Lagian apa hubungannya 72 dan 27? kok dibolak-bolak?). Ini kayak
fundamentalis karbitan, yang baru tahu agama. Kebohongan lain
anggota keluarga Azhari bisa dicek melalui surat-surat Azhari yang
menunjukkan korespondensi dengan isteri dan keluarganya selama masa
buron.  Padahal selama wawancara adik Azhari bilang dengan tegas
nggak pernah berhubungan lagi melalui bentuk apapun sejak tahun 2001.

Kita semua terasingkan, dan nggak terkecuali 'the beautiful mind of
Azahari'.

salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ari Condro" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Dr. Azahari bukan menyesal sekolah di Inggris.  Dia jadi gitu
salah satunya
> karena sang istri tercinta kena kanker tenggorokan.  Berangkat
dari sinilah
> dia pengen menyelelamatkan keluarga besarnya dengan mati syahid.
Meskipun