mas ari yang budiman,

On 11/24/05, Ari Condro <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  assalamu'alaykum wr wb,

wa alaikumussalam warahmatullaahi wabarakaatuh,

sepertinya apa yang mas paparkan dengan cukup panjang memberikan saya:
1. taaruf tentang mas ari, at least di dunia perkuliahan
2. pegalaman mas ari dalam upaya selalu mencari kebenaran

alhamdulillah, jika saya uraikan, walau tidak se-warna-warni mas ari, saya
pun tidak beda jauh. makin bertambah usia dan pengalaman makin tambah
pemahaman dan ilmu serta wawasan.

dengan impresi yang samalah saya berusaha menangkap fenomena al hallaj, siti
> jenar, gus dur, mas aman fatha, ulil, dan rekan rekan lainnya yang
> seringkali tidak bisa persepsi, diindra dan dideskripsikan oleh rekan
> rekan
> harokah.
>
> mungkin itu sekedar kesan saya.

terima kasih buat kesan-kesannya mas, dan tanggapan atas pikiran saya dalam
bentuk impresi yang mas tangkap.
jujur saja, saya dengan salah seorang netter lainnya - beliau juga kalo nda
salah ikutan di WM - punya prinsip yang sama dalam hal menilai orang, first
hand contact.
dari pemaparan mas di atas, sebetulnya ada perbedaan dan persamaan, atau
irisan lah, katakan begitu, atas apa yang saya maksudkan.
memang secara umum, kita akan menyebut seseorang teman itu setelah kita
berinteraksi dengannya - dalam hal mas, secara kuntitatif sering bersama
dalam beragam kegiatan atau keadaan.
tapi yang saya maksudkan 'kebersamaan' seperti yang juga saya rujuk, yaitu
pernyataan khalifah umar r.a., adalah kebersamaan yang memang tidak casual,
maksudnya taken for granted. kita memang meniatkan diri untuk tahu lebih
banyak tentang seseorang, terutama dengan cara menghabiskan waktu dengan
orang tersebut. idealnya tentu tanpa banyak distraction, misal, ketika
itikaf, acara kampus, outing/outbound, dll yang sulit bisa benar2
menghabiskan waktu bersama. jadi idealnya ya benar-benar kita ada kesempatan
bersama orang itu empat mata. mungkin cocok dengan apa yang mas kisahkan
tentang sosok teman mas yang 'menjaga jarak' itu, daripada kisah di awal
yang bersamanya 'rame-rame' ...
untuk sejumlah tokoh di atas, ada yang masih bisa kita 'tempel' untuk
melihat 'perilakunya', tapi ada juga yang sudah tidak lagi bersama kita, dan
itu relatif sulit. lain ya dengan junjungan kita yang detil kesehariannya
tercatat rapi dalam hadis.

jadi mas ari, khusus untuk ulil - saya berusaha tidak melebar ke sosok lain
- saya kira akses untuk bisa tahu langsung perilaku nya masih terbuka lebar.
dan sebagaimana kita juga ingin 'tahu' FPI itu apa memang seperti segarang
dan sepreman yang diberitakan media massa (maaf sekedar ilustrasi, jangan
jadi bahan bahasan baru), maka kita dituntut demi keadilan bersikap untuk
tidak hanya tahu secara tidak langsung, tapi juga tahu secara langsung.

mungkin begitu mas

++ mas tidak sedang melabel 'harokah' vs 'non-harokah' atau meminjam istilah
seorang netter, 'fundies' vs 'non-fundies' kan? yang saya tangkap, mas
banyak interaksi dengan teman2 dari beragam kelompok, tapi umumnya grass
root ya ... atau termasuk 'petingginya' juga? jujur saja, memang sedih
melihat bagaimana grass-root itu sangat terbatas kapabilitasnya sehingga tdk
sedikit 'petunjuk' dari 'atas' menjadi lain praktek di lapangannya, dan ini
punya imbas langsung bagi mereka yang di luar kelompok dan langsung membuat
stigma-stigma.

satriyo