mas ari,

saya kira kok naif ya kita jika tidak mencoba - saya tidak menuduh lho,
retoris saja ini - untuk think globally, act locally. yang salah satu
konsekuensinya adalah tidak melepas kemungkinan untuk teori konspirasi.

masak sih kita yang sekian lama tentram itu lalu jadi saling gontok2an - ini
saya ikuti gaya mas ari ya, kurang lebih mensimplifikasi masalah - baik
antar golongan atau agama? mungkin kan kalo ada campur tangan asing, yang
KONON sudah ada sejak kita berusaha meraih kemerdekaan hingga kini, termasuk
naik turunnya pemimpin negeri ini. ... konon.

artinya JIKA hanya kita saja - murni bangsa ini - yang diminta mengurus
tanpa ada campur tangan asing, saya kira gak bakal berlarut-larut. lalu,
betapa tidak sedikitnya suatu masalah yang bukan agama lalu distir media
maka jadilah ia masalah agama. mulai dari FPI, ahmadiyah, dll.

kalo mas tanya 'apa hal ini baik?' saya balik tanya, apa mas kira saya tidak
waras? apa juga berarti saya mendukung atau minimal mentolerir segala
'kegilaan' yang ada?

terhadap semua yang bertentangan dengan fitrah/islam, saya pasti dukung
untuk menolaknya!

percaya deh mas ...

pamit dulu ya ... besok terusin