> Tentu saja boleh dan baik. Lakukan dengan cara yang baik, dan lebih baik
> lagi.
> Tidak dengan membuka aibnya, lalu dibeberkan dimuka umum bukan?
> Kalau itu yang terjadi, wajar terjadi perang.

apa ada terdeteksi dan terbukti suatu niatan menuju ke arah membuka aib ke
umum? toh perilaku dia sudah membuka aibnya sendiri. saya tahu kok mas
koridor syar'i tentang aib ini dan thanks sudah mengingatkan ...

> tapi sejauh mana sih anda mentolerir suatu pemikiran salah itu? apa hingga
> akal/otak/ide
> >

> Saya memandang "manusia yang berfikir" itu keniscayaan, bahkan hal itu
> yang
> membedakan manusia dengan ciptaan Allah yang lain. Ciri khas manusia itu
> tentu membawa konsekuensi hasil pemikiran ada yang dianggap "baik",
> "kurang
> baik", atau bahkan "salah". Dan itu sunatullah. Akibatnya IMHO, pada
> hakekatnya manusia bebas berfikir sebebas-bebasnya.

wah gak setuju mas. boleh kan? bukankah 4jji yang melarang manusia
memikirkan apa/zat 4jji? karena kalo memang SEBEBAS BEBAS nya ya boleh dong
... menanyakan atau memikirkan apa 4jji? apa saya mungkin yang gak dong ya
dengan penjelasan mas ...?

Untuk kepentingan setiap individu itu sendiri agar tidak terjebak pada
> pemikiran yang "kurang baik" atau "salah", setiap individu manusia perlu
> mengkomunikasikan hasil pemikirannya sekaligus belajar dari hasil
> pemikiran
> orang lain dalam bentuk diskusi-diskusi dengan berbagai cara (yang bisa
> jadi
> tidak spt. diskusi ngobrol2, tapi dengan pengalaman misalnya). Hasil
> pemikiran seseorang akan diuji, direvisi atau bahkan diubah total dalam
> diskusi-diskusi itu.

nah, yang saya dapat infonya, buktinya juga ada, bahwa ulil cs itu ketika
diskusi maunya ya homogen dan claiming to be the right one, dan others are
wrong. mungkin, lagi lagi, saya misinformed tapi kalo benar?

Tidak ada hasil pemikiran manusia yang absolut benar atau absolut salahnya,
> selalu berubah sesuai zaman.

ah masa? kalo individunya itu nabi/rasul? dan tentu harus mas jelaskan dalam
hal apa ... gitu kan? dalam hal aqidah/tauhid ya nabi dan rasul pasti
absolut dong pemikirannya ... dan tentu karena ada guidance wahyu ... iya
kan?

Diskusi-diskusi antar wacana itu sangat
> [...]
> antar wacana agar misalnya menghasilkan konsensus untuk menghormati
> kepercayaan masing-masing. Kalau tidak berjuang ya salah sendiri. Tentu
> saja
> yang mendukung "theisme" tetap menganggap "atheisme" itu salah dan begitu
> juga sebaliknya, tapi minimal ada kesepakatan untuk saling memahami posisi
> masing-masing.

> komunisme
>
> Betul, memusuhi komunisme dalam kaitan sebagai lawan dalam diskusi antar
> wacana nggak masalah.
> Yang masalah ketika mulai berfikir untuk "menghilangkan" pihak lain ;)

hmm ... jadi mas belum merasa  ya kalo ulil cs itu punya potensi untuk
'menghilangkan' pihak selain mereka?

Brangasannya Ulil itu persoalan kecil, nanti  masyarakat yang akan menilai
> sendiri.

wah bagi saya tidak kecil mas. kalaupun kecil, ya karena belum besar saja.
apa harus tunggu sampe besar? dan masalahnyakan  bukan cuma ulil, tapi ulil
cs mas

Mengkafir-kafirkan Ulil itu IMHO sebagai seorang muslim urusan besar.
> Saya nggak mau ikut-ikutan yang seperti itu.
> Mending kita bicara apa ide-ide ulil itu cocok apa tidak, benar apa tidak.
> Lalu yang baik diambil yang jelek ditinggalkan.

kalo jelek semua? kan memang bingkai logika ulil itu gak jelas mas.
saya juga memang gak mau jadi kafir karena menuduh orang kafir. dan yang
saya tahu gak ada yang bilang ulil kafir. tapi apa yang dia lakukan itu
masuk kategori kafir. terserah ulil mau terima tuduhan itu atau tidak. kalau
dia kafir kan dah mati dibunuh athian dong mas ... dengan cara apapun.

Waaalahu'alam bi showab.

> Salam

satriyo

1.2 million kids a year are victims of human trafficking. Stop slavery.
http://us.click.yahoo.com/WpTY2A/izNLAA/yQLSAA/aYWolB/TM