Mas DP,

Kayaknya yg protes masalah penilaian anda pada kitab kuning udah banyak
termasuk saya.  saya sarankan untuk first step mengenal pesantren dan kitab
kuning, mas DP mencari :

1. Disertasi dari Zamakhsaari dhofier yang dia terbitkan menjad buku
berjudul  Tradisi Pesantren Studi tetang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta.
LP3ES 1984
2. Imron Arifin. 1993. Kepemimpinan Kyai Kasus Pondok Pesantren Tebuireng.
Malang. Kalimasada Press
3. Kuntowijoyo.1991. Peranan Pesantren dalam pembangunan Desa. Potret
sebuah Dinamika. Bandung. Mizan

4. Nurkholis Madjid,. 1997. Bilik-bilik Pesantren Jakarta . Paramadina.

5. Martin Van Bruinessen. Kitab Kuning, Pesantren dan
Tarekat.Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Bandung. Mizan.1995

6. Abdurrahman Wahid. 1984. Bunga Rampai Pesantren. Jakarta. Dharma Bhakti.

7. Saifuddin Zuhri. 1977 Guruku orang orang dari PEsantren. bandung. al
Ma'arif

Buku babon pertama kali tentang pesantren adalah karangan Dhofier ketika
mengambil doktor di australia, hinghly reccomended, bagi mas DP yg di
Inggris mungkin karangan martin van bruinessen lebih muda di dapat.

Mas DP akan saya kirim juga sebuah tulisan kecil tentang kyai dan
perpolitikan.

salam,
Ari Condro