(1) Bahasa
Maksud saya yang kita gunakan dalam berdiskusi ini pun yang ada di KBBI.
Nyatanya, sedikit sekali yang merupakan kosa kata Arab (termasuk serapannya).
Yang benar, lebih dari 80% kosa kata serapan itu berasal dari kata Arab.

Jadi, kalau dirinci KBBI itu terdiri dari [jangan ditanya penemuan siapa, lho
:) ] kata-kata:

a. kosa kata melayu
b. kosa kata asing (asli atau sudah serapan) dari luar kepulauan Indonesia.
c. kosa kata non-Melayu dari daerah/suku-suku di Nusantara.

Nah, saya percaya bahwa 80% dari unsur serapan itu kosa kata Arab.

(2)Budaya
Yang di lapisan A (terdalam) itu sudah ISLAM dari sononya... :) Jadi, yang di A
itu sudah Islam sebelum diin Islam Muhammad masuk ke lingkaran budaya.

(3)Klasifikasi
Benul-benul sekali (maksudnya betul), bahwa Mushaf Utsmani itu dari zaman
Khalifah Utsman. Dari sisi saya, tanpa harus diketahui sumbernya, benar tidak
yang saya utarakan... :)

Jadi, Alquran itu huda li annas (QS 2:185). Alkitab itu huda li al-muttaqiin
(QS 2:2). Lalu, didalamnya ada sebutan kitab tafshil (sori, saya lupa ayat
berapanya). Cuma ini substansi yang saya sampaikan. Dengan demikian, keliru
kalau kita menyebut Alquran berisi ayat muhkamat dan ayat mutasyabihat, tapi
kita tidak tahu yang mana tempat ayat-ayat itu...

Sebab, kalau kita sebut Alquran, maka yang dapat menyentuhnya hanya
al-muthahharuun, "orang yang telah disucikan". Dan, Alquran yang mutasyabihat
inilah yang telah ditinggalkan oleh sebagian besar orang Islam (QS 25:30).
Wajar kita tertatih-tatih dalam berjalan....

Kita tidak bisa melangkah maju karena meninggalkan Alquran... Lha wong Alquran
itu hanya ada di dalam kesadaran orang-orang yang diberi ilmu... (QS 29:49)

Wassalam,
chodjim